Gempa 6,5 SR Guncang Sichuan China, Puluhan Korban Tewas!

0
300
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

Gempa 6,5 SR Guncang Sichuan China, Puluhan Korban Tewas!

Indowarta.com– Gempa dengan kekuatan yang sangat besar ini telah mengguncang area Jiuzhaigou County di Provinsi Sichuan, China. Kurang lebih gempa yang sangat dahsyat ini telah terjadi pada pukul 21.19 waktu Beijing pada hari Selasa malam 8 Agustus 2017.

baca juga : Heboh Di FB, Ibu Ini Sindir Melahirkan Caesar Tak Sempurna Jadi Seorang Ibu!

Pusat penanganan gempa Tiongkok atau yang disebut dengan China Earthquake Networks Center (CENC) telah menyebutkan bahwa gempa telah mengguncang dengan kekuatan sebesar 7 skala richter. Sementara itu berdasarkan dari versi Badan Survei Geoogi Amerika Serikat atau USGS ini telah menyebutkan bahwa gempa telah memiliki kekuatan sebesar 6,5 skala richter.

Dilansir dari kantor berita Chinga yakni Xinhua pada  hari Rabu 9 Agustus 2017 ini telah menyebutkan bahwa pusat gempa ini telah berada di 33,2 derajat Lintang Utara dan juga 103,82 deraja di Bujur Timur. Gempa Sichuan ini memiliki kedalaman hingga 20 kilometer atau berdasarkan dari versi USGS memiliki kedalaman hingga 10 kilometer.

Gempa
Copyright©tribunbatam

Salah satu pekerja di lokasi wisata populer di Jiuzhaigou yakni Sangey telah mengatakan bahwa beberapa bangunan retak hingga roboh di lokasi terdampak. Sementara itu parat telah mengerahkan pemuda di dalam upaya untuk melalukan evakuasi.

Lalu salah satu pejabat bir perpajakan setempat yakni Yu Qian pun telah mengaku bahwa merasakan Gempa Sichuan yang sangat kuat di tempat tinggalnya  yang berada di Lantai Lima. Setelah itu dirinya beserta dengan kedua anaknya pun segera berlari keluar dan bergabung dengan orang-orang yang mengevakuasi diri dari luar bangunan untuk menyelamatkan diri.

baca juga : Polemik Patung Raksasa di Tuban, Ini Peringatan Istana!

Tidak hanya itu saja, gempa Sichuan ini juga telah dilaporkan terasa kuat di ibu kota provinsi Chengdu. Hingga saat ini telah terdapat 5 orang meninggal dunia akibat dari gempa Sichuan ini, 60 orang lainnya luka-luka dan termasuk 30 diantaranya di dalam keadaan yang kritis.

Namun Badan Penanggulangan Bencana Nasional Tiongkok telah mengatakan bahwa dikhawatirkan sebanyak 100 orang akan meninggal dunia. Jumlah tersebut telah didapatkan berdasarkan dari  data sensus tahun 2010 di area pegunungan yang terdampak gempa.

baca juga :

Pemilik First Travel Ditangkap Usai Iming Iming Janjikan Umroh Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here