Modus Firs Travel Jaring 70 Ribu Jamaah Akhirnya Terungkap!

0
294
Firsh Travel
Copyright©nasional

Modus Firs Travel Jaring 70 Ribu Jamaah Akhirnya Terungkap!

Indowarta.com – Kali ini First Travel yang menjadi pemberi layanan pemberangkatan ibadah umrah murah terus diusut oleh pihak kepolisian. Tim Penyidik Bareskrim Polri berhasil mengungkap modus penipuan oleh PT First Anugrah Karya Wisata itu terkait bagaimana cara mendapatkan jamaah umrah.

Mereka para calon jamaah yang medaftar rata-rata tergiur dengan biaya ibadah umrah ke Arab Saudi yang ditawarkan oleh First Travel. Perusahaan penyedia layanan travel tersebut diketahui memberikan tawaran biaya yang jauh berada di bawah penyedia layanan travel lainnya.

Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Direktur Tindaka Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Herry Rudolf Nahak. dia menuturkan jika selama ini First Travel menjaring korbannnya dengan memberikan atau mengumbar penawaran berangkat umrah denga biaya murah.

Penawaran tersebut diberikan pada sejumlah kegiatan seminar yang juga di adakan oleh perushaan ini. Namun kenyataan penawaran berangkat ke Arab Saudi ini tak ada bukti seperti apa yang dijanjikan.

Firsh Travel
Copyright©nasional

Herry menambahkan jika perusahaan tersebut menawarkan biaya murah berangkat umrah itu dengan beberapa paket murah. ‘Pada saat seminar diberikan penawaran murah kepada calon jamaah umrah. Mereka juga menawarkan layanan perjalanan umrah dengan beberapa paket yang tentunya berada di bawah harga standart’ ujarnya saat ditemui di kantornya pada Kamis, 10 Agustus 2017.

Sedangkan paket umrah yang ditawarkan beraneka ragam dan terbilang berada jauh di bawah harga yang diberikan oleh penyedia jasa perjalanan umrah lainnya. Paket yang dutawarkan ada tiga kelas yakni paket kelas satu (Rp 14,3 juta), paket kelas dua atau reguler (Rp 25 juta) dan paket VIP atau Very Important Person (Rp 54 juta).

Selama berdiri Firsh Travel sudah medapatkan banyak agen serta jamaah dari promo dengan harga perjalanan umrah murah yang ditawarkan. Menurut dari data yang ada di perusahaan tersebut sebanyak 70 ribu akan dijanjikan berangkat dan telah mulai melakukan pembayaran. Sedangkan 35 ribu rencananya akan diberangkatkan dan 35 ribu lainnya tak bisa berangkat karena sejumlah alasan.

Sementara itu jika dikakulasi olhe pihak kepolisian kerugian yang yang dialami oleh seluruh jamaah bisa mencapai Rp 500 miliyar. Hal tersebut dihitung dari jumlah keseluruhan jamaah yang tidak bisa berangkat yakni 35 ribu dikalikan Rp 14,3 juta.

baca juga : Pemilik First Travel Ditangkap Usai Iming Iming Janjikan Umroh Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here