NASA Peringatkan Ancaman Bahaya Menjelang Gerhana Matahari Total 21 Agustus Nanti!

    0
    2358
    Gerhana Matahari
    Copyright©liputan6

    NASA Peringatkan Ancaman Bahaya Menjelang Gerhana Matahari Total 21 Agustus Nanti!

    Indowarta.comGerhana matahari total yang telah diprediksi akan terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017 ini tingal menghitung hari saja. Para warga Amerika Serikat ini terlihat antusias menyambut fenomena alam yang kembali terjadi setelah kemunculannya pada 99 tahun yang lalu.

    Antusias warga ini telah ditunjukkan dengan melonjakkan penjualan kacamatan khusus yang dibuat untuk melihat posisi matahari, bumi dan bulan berbaris lurus. Dilansir dari laman Chicgotribune pada hari Rabu 9 Agustus 2017 ini telah mengatakan bahwa meskipun ada alat bantu yang akan digunakan untuk bisa meliihat secara langsung gerhana matahari, para ahli Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA ini pun tetap memberikakn peringatan kepada masyarakat agar tetap waspada efek sinar matahari yang sangat berbahaya bagi penglihatan.

    Kacamata yang aman untuk melihat paparan cahaya secara langsung harus memenuhi standar dari International Organization for Standardization yang telah dibuktikan dengan sertifikat ISO 12312-2. Namun baru-baru ini NASA telah mengeuarkan sebuah peringatan yang menunjukkan bahwa label semacam itu sudah banyak bisa dipalsukan.

    Gerhana matahari cincin

    Selain itu sudah banyak kacamata khusus gerhana matahari yang sudah banyak dipalsukan oleh para oknum tidak bertanggungjawab yang kini telah beredar di pasaran. Para ilmuwan badan antariksa tersebut telah mengatakan “Tampaknya ada beberapa perusahaan yang mencetak logo ISO dan label sertifikasi kacamata palsu. Bahan yang digunakan oleh perusahaan itu pun dikhawatirkan tak dibuat dengan bahan khusus yang mampu menghalangi sinar ultraviolet dan sinar inframerah”.

    Lalu ditambahkan “Beberapa penjual bahkan menampilkan uji coba palsu terkait produk mereka. Uji coba itu secara langsung ditampilkan pada situs website perusahaan tersebut”. Misalnya adalah di Amazon, sudah banyak juga persediaan kacamatan gerhana matahari yang masih dijual secara eceran. Atau pun bahkan bisa kita peroleh melalui perantara orang ketiga.

    Setelah itu NASA itu telah memperingatkan bahwa melihat matahari pada saat gerhana matahari total tanpa mengeluarkan pelindung yang memadai seperti kacamata hitam biasa bisa menyebabkan masalah penglihatan yang serius.

    baca juga : 

    Gerhana Matahari Total Mengancam Ponsel?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here