Sariawan Tak Sembuh dalam 2 Minggu, Awas Kanker!

0
237
Kanker Lidah
Copyright©wartakesehatan

Sariawan Tak Sembuh dalam 2 Minggu, Awas Kanker!

Indowarta.com – Masalah pada mulut sering kali terjadi dan tentunaya akan menghilangkan nafsu makan seketika. Salah satunya Sariawan yang menjadi masalah kesehatan mulut yang umum menimpa individu yang kekurang nutrisi ataupun vitamin tertentu.

Sariawan sendiri biasanya menginap dimulut dalam waktu kurang dari dua minggu dan setelahnya akan hilang. Kali ini Ada perlu waspada bila penyakit yang satu ini tak kunjung sembuh dalam kurun waktu dua minggu. Hal itu bisa jadi menunjukan adanya kanker di rongga mulut atau lidah.

Mengenai pernyatan tersebut juga dikatakan oleh dr spesialis THT, dr Marlinda Adham , Sp.THT-KL (K). Dia mengatakan jika seseorang mengidap sariawan dan tak kunjung sembuh harus segera diperiksakan ke dokter.

WAJIB BACA :  Minimnya Edukasi Tentang Kanker Serviks!

‘Jika mendapati masalah sariwan yang tak kunjung sembuh harus diperiksakan ke dokter gigi ataupun dokter mulut. Kita menganggapnya sariawan namun kalau tak kunjung sembuh maka bisa juga ada kanker di rongga mulut atau lidah‘ ujarnya pada acara seminar kanker kepala leher di Jakarta pada Jumat, 11 Agustus 2017.

cara mengobat sariawan
Copyright©hilangkan sariawan

Sejumlah gejala pun akan timbul jika seseorang itu mengidap kaker pada rongga mulut ataupun lidah. berawal dai Sariawan yang mengganggu serta tak kunjung sembuh, lalu muncul rasa nyeri yang menjalar ke telinga, darah di bagian rongga mulut, telinga bergaung dan berat badan tutun.

Dr Linda sendiri menuturkan jika tidak ada satupun yang pasti dari kanker dan bisa saja tanda-tandanya tidak terdeteksi pada awal. Maka dari itu seseorang perlu melakukan pemeriksaan fisik ke dokter untuk mengetahui apakah seseorang itu mengidap kanker atau tidak.

WAJIB BACA :  Minimnya Edukasi Tentang Kanker Serviks!

Selain memerhatikan gejala klinis perlu dilakukan pemreiksaan seara rutin ke dokter. ‘Jika dicurigai ada sesuatu pada bagian rongga mulut bisa dilakukan biopsi di daerah tumor primer. Kemduian dilakukan imaging CT scan dan MRI untuk melihat perluasan tumor tersebut’ tutupnya.

Sementara itu Sariawan sendiri memang sering kali disepelekan oleh seseorang yang mengidapnya. Gangguan pada mulut ini biasanya muncul karena kekurangan vitamin C dan lebih bisa terjadi jika seseorang tidak menjaga kebersihan mulutnya. Maka dari itu dengan ini jangan sepelekan sariawan yang ada dimulut, periksakan jika sudah terlalu lama karena itu bisa terindikasi sebagai kanker rongga mulut atau lidah.

baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Gigi Ngilu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here