Oknum TNI Pukul Polantas Ternyata Alami Skizofernia, Apa Itu Gejalanya?

0
943
Skizofernia
Copyright©kompas

Oknum TNI Pukul Polantas Ternyata Alami Skizofernia, Apa Itu Gejalanya?

Indowarta.com– Kepala Penerangan Kodam Bukit Barisan Kolonel Edi Hartanto ini telah mengatakan bahwa anggota Koream Pekanbaru yakni WS telah mengalami gangguan kejiwaan. Sebelumnya WS telah diberitakan melakukan pembentakan dan memukul helm anggota polisi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Edi mengatakan bahwa pada bulan April 2017 yang lalu WS telah berobat ke rumah sakit militer di Pekanbaru. Hasilnya menunjukkan bahwa WS kondisi kejiwaannya terganggu. Setelah itu WS pun menjalani pengobatan secara intensif dan sudah kembali berkerja. Namun belakangan sakit yang dia derita kambuh lagi.

Diduga bahwa WS mengalami sakit Skizofernia. Penyakit Skizofernia ini merupakan penyakit mental yang menyebabkan terganggunya proses berfikir. Penderita Skizofernia ini tidak bisa membedakan mana yang khayalan dan mana yang kenyataan. Selain itu penderita skizofernia ini juga cenderung mendengarkan suara di dalam pikiran mereka dan melihat sesuatu yang tidak nyata. Mereka akan merasa cemas berebihan, cepat marah dan delusional.

Skizofernia
Copyright©youtube

Beberapa gejala orang yang mengidap skizofernia ini adalah :

  • Konflik pada pikiran, sulit membuat keputusan
  • Kesulitan untuk mengekspresikan dan memperlihatkan emosi
  • Ketakutan akan tempat umum yang ramai
  • Halusinasi, khususnya mendengar suara yang jelas dari orang yang dikenal ataupun orang yang tidak dikenal. Suara ini mungkin akan memberi tahu penderita untuk melakukan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, seperti bunuh diri atau membunuh orang lain
  • Paranoia, seperti kecemasan berlebihan, percaya dirinya mempunyai kemampuan khusus atau mengidap penyakit tertentu yang sebenarnya tidak ada pada dirinya

Beberapa penyebab dari skizofernia ini masih belum diketahui secara pasti hinga saat ini. Namun para peneliti meyakini bahwa beberapa faktor ini bisa berkontribusi menjadi pemicu terjadinya penyakit skizofernia :

  • Genetik: penyakit ini mungkin diwariskan di dalam keluarga
  • Faktor lingkungan: misalnya virus dan beberapa masalah nutrisi setelah kelahiran
  • Perbedaan struktur dan kimia di dalam otak

Skizofernia ini merupakan gangguan mental yang kronis dan membutuhkan pengobatan yang berkepanjangan.

baca juga : 

Gejala Awal Kanker Lidah dan Mulut yang Musti Diketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here