Berita Terkini: Gempa 6.2 SR Guncang Filipina, Penghuni Istana Malacanang Dievakuasi!

0
593
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

Berita Terkini: Gempa 6.2 SR Guncang Filipina, Penghuni Istana Malacanang Dievakuasi!

Indowarta.comGempa Filipina dengan kekuatan 6,2 skala richter ini telah mengguncang Pulau Luzon, Filipina. Gempa telah terjadi kurang lebih pada pukul 13.30 waktu setempat. Getaran dari gempa tersebut pun bisa dirasa hingga ke kereta bawah tanah di Manila.

baca juga : Heboh Di FB, Ibu Ini Sindir Melahirkan Caesar Tak Sempurna Jadi Seorang Ibu!

Akibat dari gempat tersebut, istana Malacanang yang merupakan tempat presiden Rodrigo Duterte ini berkantor ini pun terpaksa harus dievakuasi. Demikian juga dengan beberapa bangunan penting lainnya yang ada di Manila.

Hingga saat ini masih belum ada peringatan akan terjadi tsunami. Biasanya peringatan gelombang raksasa ini dikeluarkan menyusul Gempa Filipina yang memiliki kekuatan diatas 6,5 skala richter yang berpusat di lautan.

Gempa
Copyright©detik

Luzon sendiri merupakan pulau utama dan juga terbesar di Filipina dimana ibu kota Manila berada. Sementara itu gempa berjarak 77 kilometer dari selatan ibu kota. Berdasarkan dari laporan US Geological Survey, pusat gempa ini telah berada di 168 kilometer di bawah tanah. Hingga saat ini juga masih belum dilaporkan adanya kerusakan ataupun korban yang merupakan akibat dari gempa Flipina ini.

Filipina telah berada di kawasan Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yang memanglah sangat rawan terjadi gempa dan juga erupsi gunung berapi. Pada tahun 2013 yang lau, gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter ini pun telah mengguncang beberapa wiayah di Provinsi Bohol, Filipina. Akibat dari gempa tersebut, sebanyak 200 orang telah meninggal dunia.

baca juga : Polemik Patung Raksasa di Tuban, Ini Peringatan Istana!

Sebelumnya juga telah terjadi gempa yang berkekuatan 6,5 skala richter yang telah mengguncang barat daya Kota Tacloban di Filipina pada hari Kamis 6 Juli 2017. US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS sempat merevisi kekuatan lindu dari sebelumnya 6,9 SR.

Dalam gempa tersebut telah dilaporkan bahwa tidak ada kerusakan ataupun cedera yang telah diakibatkan oleh gempa yang telah terjadi di dalam kedalaman hingga 6,5 kilometer di sekitar 580 km barat daya ibu kota Manila. Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS menyebutkan “Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan”.

baca juga :

Gempa 6,5 SR Guncang Sichuan China, Puluhan Korban Tewas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here