BMKG: Gempa 6.4 SR di Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami!

0
283
gempa
Copyright©detak

BMKG: Gempa 6.4 SR di Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami!

Indowarta.com – Kai ini Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia tepat wilayah pesisir Bengkulu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menganalisis gempa bumi yang terjadi wiayah Sumatera bagian Utara tersebut.

BMKG menyebutkan jika Gempa yang terjadi di Bengkulu ini berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) tak, sebelumnya disebutkan jika gempa berkekuatan 6,6 SR. Mengenai hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi.

Dia menjelaskan jika gempa berkekuatan 6,4 SR ini terletak di koordinat episenter pada 3,68 Lintang Selatan (LS) dan 101,69 Bujur Timur (BT). ‘Dari hasil analisis gempa berkekuatan 6,4 SR di Bengkulu ini terjadi dengan koordinat 3,68 LS dan 101.69 BT. Gempa berlokasi 36 km arah barat daya Kota Ketaun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Kedalam gempa ini mencapai 58 kilometer dari permukaan air laut’ ujarnya pada Minggu, 13 Agustus 2017.

WAJIB BACA :  3 Kali Gempa Guncang Sumbawa Timur!

Gempa sendiri terjadi pada Minggu siang tepatnya pukul 10.08 WIB dan dipastikan getaran ini tak menimbulkan gelombang tsunami. Guncangan gempa sendiri dirasakan dengan jelas oleh warga dan mereka pun sempat berhamburan karena merasa panik.

Gempa
Copyright©impediapc

Dari hasil pendalaman pihak BMKG dinyatakan jika ini tak berpotensi tsunami. Dampak getaran sendiri berdasarkan shakemap dan laporan dari masyarakat dirasakan di wilayah Bengkulu, Bengkulu Utara dan Kapahiang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (V MMI).

Getaran serupa juga dirasakan masyarakat yang berada di Lubuk LInggau, Bengkulu Selatan, Karinci, Liwa dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI). Kemudian masyarakat di Pariaman, Tua Pajet, Mentawai, Pesisir Selatan, Padang juga merasakan adanya getaran gempa dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI). Guncangan ini juga dirasakan warga yang berada di Padang Panjang, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh dalam skala intensits I SIG-BMKG (I-II MMI).

WAJIB BACA :  3 Kali Gempa Guncang Sumbawa Timur!

Mengenai gempa bumi ini juga dijelaskana oleh Daryono selaku Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG. Dia menuturkan jika getaran ini dirasakan oleh warga Bengkulu dan warga pun sempat berlarian keluar rumah.

Daryono sendiri menghimbau suapaya warga tetap tenang dan tidak terpengaaruh dengan sejumlah isu termasuk tsunami. Gempa berkekuatan 6,4 SR yang dirasakan oleh warga Bengkulu dan sekitarnya ini di pastikan tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

baca juga : Walau Gangguan Jiwa, Oknum TNI Pukul Polisi Tetap Dikenai Hukuman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here