Tak Perlu Cemas Saat Atasi Demam Pada Bayi!

0
477
Bayi Demam
Copyright ©Ilustrasi

Tak Perlu Cemas Saat Atasi Demam Pada Bayi!

Lensaremaja.com – Pada dasarnya semua bayi pasti pernah mengalami demam. Kondisi ini memang umum terjadi pada seseorang, terutama kepada bayi. Menurut ilmu medis, bayi yang dinyatakan demam jika suhu badanya mencapai 38 derajat Celcius atau lebih rendah.

BACA JUGA : Perubahan Paling Menyenangkan yang Dirasakan Saat Hamil!

Adanya kejadian ini membuat semua orang tua khawatir. Namun anda tidak perlu tergesa-gesa untuk langsung membawanya ke dokter. Karena kondisi semacam ini merupakan hal yang wajar terjadi dan dapat ditangani di rumah.

Bayi demam biasanya kerap terjadi ketika dia sering melakukan aktivitas diluar ruangan pada saat cuaca panas. Walau begitu, terdapat kondisi tertentu yang segera membutuhkan penanganan khusus dan perlu diwaspadai. Berikut beberapa tanda-tandanya:

  1. Tidak responsive
  2. Terlihat lesu dan tidak bersemangat pada saat diajak bermain
  3. Uring-uringan pada saat tidur
  4. Adanya tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, dan popok tidak basah seperti biasanya.
  5. Tidak nafsu makan
  6. Memiliki ruam
  7. Pernapasan terganggu
  8. Kejang
  9. Penanganan Demam Bayi
Bayi Demam.
Copyright©Thinkstockphotos

Untuk memberikan penanganan pada bayi demam yang usianya tiga bulan keatas, anda dapat memberikan penanganan awal yang dilakukan secara sederhana di rumah:

  1. Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat, pastikan kalau air tidak terlalu panas untuk kulit bayi demam. Dengan memandikan air hangat memungkinkan kepada si kecil untuk menghurup udara hangat yang dapat memperlancar pernafasannya dan juga akan dapat merileks kan tubuhnya.
  2. Kemudian, untuk bayi demam sebaiknya harus mengenakan pakaian yang nyaman seperti baju berbahan yang tipis. Hindari pemakaian tabal dan berlapis.
  3. Berikan si Kecil asupan cairan yang cukup, seperti pemberian ASI, air putih, susu formula. Hal ini untuk menghindari dia dari dehidrasi.
  4. Sedangkan, untuk penggunaan obat-obatan bayi demam, sebaikanya anda harus mengkonsultasikan kepada dokter sebelum memberikannya kepada si Kecil.

BACA JUGA : Ibu Hamil Dilarang Dekat dekat dengan Kucing?

Beberapa langkah tersebut dapat anda lakukan untuk mengatasi bayi demam. Namun jika bayi masih dibawah umur tiga bulan, maka sebaiknya langsung saja di bawa kedokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Begitu pula dengan kehamilan dan balita yang sangat perlu mendapatkan perhatian lebih.

BACA JUGA : Baik Melahirkan Normal Ataupun Caesar, Sama Sama Butuh Perjuangan Bunda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here