Berita Terkini: Getaran Gempa Gunung Mentawai Terasa Hingga Padang!

0
952
gempa
Copyrigth©merdeka

Berita Terkini: Getaran Gempa Gunung Mentawai Terasa Hingga Padang!

Indowarta.com– Gempa bumi ini kembali terjadi di pesisir bara Sumatra. Kali ini gempa telah berpusat di 44 kilometer sebelah tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat dengan intensitas 5,4 skala richter. Gempa ini telah terjadi kurang lebih pada pukul 11.09 WIB dan juga memiliki kedalaman hingga 22 kilometer. Hal ini telah dinyatakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Gempa ini juga tidak menimbulkan potensi tsunami.

baca juga : Mulai 1 Agustus Besok, TKI Akan terlindungi BPJS Ketenagakerjaan!

Gelombang gempa yang merambat ini bisa dirasakan hingga Padang, Sumatera Barat. Salah satu warga Padang yang bernama Melanie telah mengaku bahwa dirinya merasakan gempa yang terjadi meskipun rekan di kantornya tidak merasakan akan hal tersebut.

Kepala BMKG Sumatera Barat yakni Rahmat Triyono telah memberikan himbauan agar masyarakat tidak merasa panik. Hingga saat ini BMKG masih belum bisa memasatikan bahwa apakah gempa yang terjadi ini merupakan bagian dari megathrust Mentawai. Zona ini merupakan daerah tumbukan di lempeng yang diyakini masih menyimpang energi yang cukup besar.

Gempa
Copyright©tribunbatam

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch. Riyadi telah menjelaskan bahwa dampak dari gempa bumi yan gtelah digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG ini telah menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan yang berpotensi dirasakan di daerah pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, Painan, Padang dan Muko-muko dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI. Hal ini berarti bahwa guncangan gempa bumi ini telah berpotensi dirasakan hanya oleh beberapa rang dan tidak berpotensi merusak bangunan.

baca juga : Jika Stok Obat di RS Kosong, Pasien BPJS Kesehatan Harus Bagaimana?

Berdasarkan laporan sementara ini, gempa telah dirasakan di wilayah Tuapejat II SIG-BMKG (III MMI), Padang, Painan II SIG-BMKG (II – III MMI) Bukit Tinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Sawahlunto I SIG-BMKG (I-II MMI), dan I SIG BMKG (II MMI).

Selain itu Riyadi juga telah menambahkan bahwa jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, nampak bahwa gempa bumi ini termasuk di dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat dari aktivitas subdukti Lempeng Indo Australia ke bawah Lempng Eurasia tepatnya di zona Megathrust. Zona

baca juga : 

BPJS Ketenagakerjaan Beri Peningkatan Perlindungan Untuk TKI!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here