Penyebab Demam Pas Imunisasi MR!

0
469
imunisasi MR
Copyright©alodokter

Penyebab Demam Pas Imunisasi MR!

Indowarta.com – Kali ini pemerintah tengah gencar melakukan imunisasi dengan memberikan vaksin campak dan rubella (MR). Namun tak jarang demam menjadi hal yang sering kali dikeluhkan dan membuat khawatir para ibu setelah melakukan Imunisasi MR sang buah hati.

Kejadian anak akan demam setelah mendapat Imunisasi MR ini juga disebut dengan Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI). Namun untu Anda para orang tua jangan khawatir karena demam ini tidak berbahaya.

Menenai hal ini juga diterangkan oleh perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr Hindra Irawan Satari SpA (K). Saat ditemui dia menjelaskan mengenai efek pascaimunisasi MR yakni demam ringan, nyeri ringan hingga kejang.

‘Demam ringan akan terjadi 7 hingga 12 hari setelah campak. Nyeri ringan akan terasa di tempat sutikan dan jika efek kejang merupakan riwayat dari keluarga’ ujarnya saat ditemui di Jakarta.

ilustrasi imunisasi MR
Copyright ©detik

Hendra menambahkan jika efek samping paska imunisasi tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya. Menurutnya efek samping itu muncul karena virus yang diberikan melalui imunissi merupakan virus yang akan melemahkan bibit penyakit.

Maka dari itu tak heran setelah melakukan Imunisasi MR adanya reksi yang dialami oleh anak atau yang disebut sebagai KIPI tadi. ‘Vaksin diberikan itu untuk melemahkan virus. Seperti halnya bibit penyakit yang dilemahkan sehingga rekasi oleh tubuh menimbulkan gejala ringan. Benda asing yang masuk ke tubuh itu tak akan langsung memberikan reaksi karena juga memerlukan waktu’ sambung Hendra.

Pemeberian vakisn ini kini tengah gencar diberikan karena mencegah virus berbahaya yakni Rubella. Meskipun akan menimbulkan efek samping, pemberian vaksin MR ini wajib dilakukan pada anak. Hal tersebut bertujuan supaya anak-anak dan penduduk Indoensia bebas dari campak dan rubella.

Pemberian vaksin ini pun sudah mulai dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan nantinya akan dilakukan diseluruh wilayah tanah air. Namun beberapa waktu lalu kejadian pascaimunisasi dialami oleh seorang siswi SMPN 4 Demak dengan nama Niken Angelia.

Niken saat itu mengalami kelumpuhan setelah menjalani Imunisasi MR yang dilakukan di sekolahnya. Padahal sebelumnya sudah dilakukan pemriksaan kesehatan sebelum dilakukan vaksinasi. Hingga saat ini pun pihak terkait belum mengetahui dengan pasti terkait kondisi yang dialami oleh Niken.

baca juga : Penjelasan Kepsek SMPN 4 Demak Atas Kejadian Niken Lumpuh Usai Imunisasi MR!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here