Berita Terkini: Gempa Bumi Goncangkan Selandia Baru 5,7 SR, Gempa Taiwan Makan Korban 7 Wni!!

0
755
Gempa Bumi1

Berita Terkini: Gempa Bumi Goncangkan Selandia Baru 5,7 SR, Gempa Taiwan Makan Korban 7 Wni!!

Indowarta.comGempa bumi dengan kekuaan 6.4 Skala Richter menggetarkan bumi Taiwan pada hari Sabtu tanggal 6 Februari 2016. Menurut Pusat Seismologi Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan, setidaknya ada 68 gempa susulan yang menyerang sampai saat ini. Bahkan pada hari Senin 8 Februari 2016 masih terasa beberapa gempa susulan.

Gempa susulan yang terjadi hari senin masih sangat terasa dengan empat gempa susulan yang berkekuatan 3,5 Skala Richter sampai dengan 4,3 Skala Richter. Gempa tersebut berasal dari beberapa lokasi di Taiwan seperti distrik Nansi di Tainan, distrik Liugui di Kaohsiung, kota Taibao dan kota Fanlu di Chiayi County.

Gempa Bumi1

Dari 68 gempa susulan yang dicatat oleh Pusat Seismologi Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan, ada 54 gempa susulan yang tidak begitu terasa. Hanya 14 Gempa saja yang begitu terasa getarannya selama 3 hari.

Bahkan kemungkinan gempa Bumi akan terus terasa sampai dua minggu ke depan jika melihat laporan perkiraan yang disampaikan Badan Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan. Warga diharapkan untuk terus waspada.

Dari gempa bumi di Taiwan ini menewaskan kurang lebih 38 orang dan melukai setidaknya 500 orang. Dan kemungkinan besar ada lebih dari 100 orang yang terjebak di reruntuhan gedung yang roboh.

Menlu Retno LP Marsudi merespon dengan cepat kecemasan pada keluarga WNI yang tinggal di Taiwan. Beliau mengatakan bahwa saat ini masih belum ada laporan WNI yang meninggal karena gempa.

Tim Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia telah menyisir di delapan rumah sakit wilayah Tainan, Taiwan. Dari hasil penyisiran ditemukan ada 7 WNI yang terluka ringan dan saat ini sudah kembali ke rumahnya masing – masing.

Duka gempa Taiwan yang belum hilang disusul dengan adanya Gempa di Selandia Baru pada Selasa, 9 Februari 2016. Gempa yang dahsyat tersebut mengguncang Selandia Baru dengan kekuatan 5.7  Skala Richter. Gempa tersebut berpusat di sebelah tenggara St Arnaud sekitar 45 km dengan kedalaman km. Sampai saat ini tidak ada laporan korban dari gempa bumi di Selandia Baru.

baca juga : Gempa Bumi Guncang Papua Nugini 6,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here