KPK Sampai Gandeng FBI Demi Telusuri Aliran Dana E KTP!

0
490
KPK
Copyright ©Jurnas

KPK Sampai Gandeng FBI Demi Telusuri Aliran Dana E KTP!

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat initerus menelusuri aliran dana korupsi proyek E KTP ke sejumlah pihak. Bahkan lembaga anti korupsi ini menggandengn penegak hukum luar negeri termasuk Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk melacaknya.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata pada Kamis, 17 Agustus 2017, “Itu pasti (kerja sama) FBI, CPIB (Corrupt Practices Investigation Bureau) kita kerja sama kok”.

Kerja sama itu sebelumnya juga dibangun terkait dengan pengusutan kasus dugaan korupsi lain. misalnya saja, saat menelusuri korupsi pengadaan mesin dan pesawat untuk PT Garuda Indonesia.

Baca Juga Penolakan Gedung Baru DPR Terkait Angket KPK?

“Kerja sama Itu bisa, misalnya kasusnya Suroso, Emir Mois, dan mungkin kasus yang kita sidik sekarang kasus mantan direksi Garuda, kita kerja sama dengan KPK-nya Singapura (CPIB), mereka kooperatif membantu,” ujar Alex.

FBI
Copyright ©CNN

Tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang ditelusuri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait dengan kasus E KTP tak hanya kepada pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Namun penikmat uangan bancakan E KTP itu juga masuk pantauan.

Nama-nama pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan anggota DPR yang muncul dalam dakwaan Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus atau yang lebih dikenal dnegan nama Andi Narogong, juga masuk dalam radar KPK.

Baca Juga Harapan KPK Menjelang Vonis Kasus E KTP!

Sementara itu, KPK masih mencari tahu penyebab meninggalnya Direktur PT Biomorf Line LLC Johanes Marliem. Saksi kunci perkara korupsi E KTP tersebut dikabarkan bunuh diri di kediamannya di Amerika Serikat.

Maka dari itu Lembaga antirasuah tengah berkoordinasi dengan FBI dan Los Angeles Police Departemen (LAPD) untuk mengetahui penyebab meninggalnya Johanes. Menurut keterangan Saut Situmorang, pihaknya mendapat informasi meninggalnya Johanes dari FBI dan LAPD.

Menurutnya, Lembaga antirasuah kini tengah menunggu informasi lanjut terkait meninggalnya saksi kunci perkara korupsi E KTP itu.

Johanes Marliem merupakan pemimpin perusahaan Biomorf Lone LLC yang merupakan penyedia layanan teknologi biometrik untuk e-KTP. Biomorf Lone LLC yang menyediakan alat pengenal sidik jari atau automated fingerprint identification system (AFIS) ke konsorsium penggarap e-KTP tahun 2011-2013.

Baca Juga KPK Dalami 6 Saksi Soal Keterlibatan Setya Novanto di Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here