ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan di Barcelona!

0
300
ISIS
Copyright©okezone

ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan di Barcelona!

Indowarta.com – Kelompok negara Islam Suriah (ISIS) memang menjadi ancaman bagi negara seluruh dunia. Kali ini ISIS kembali membuat gempar dengan mengaku bertanggung jawab atas serangan yang dilakukanya di negara Spanyol tepatnya di Barcelona.

Serangan yang dilakukan ISIS ini berada di kawasan wisata Las Ramblas, Barcelona, Spanyol pada Kamis, 17 Agustus 2017 waktu setempat. Mengenai informasi ini didapat dari kantor berita Amaq dan juga sudah dilansir reuters.

Dikatakan jika pelaku serangan di Barcelona merupakan anggota militan ISIS dan mereka pun menargetkan sejumlah negara koalisi. ‘Pelaku yang melakukan serangan di Barcelona merupakan anggota militan negara Islam (ISIS). Mereka melakukan operasi tersebut terkait seruan yang menargetkan ke negara koalisi’ tulis berita Amaq.

Disebut-sebut pernyataan menargetkan negara-negara koalisi itu merujuk pada sebuah koalisi Amerika Serikat melawan kelompok Sunni. Kejadian serangan sendiri bermula ketika sebuah mobil Van menabrak kerumunan turis di kawasan wisata Las Ramblas, Barcelona pada Kamis waktu setempat.

ISIS
Copyright©kompas

Atas kejadian itu awalnya dilaporkan jika sebanyak dua orang tewas akibat insiden serangan tersebut. Namun setelah beberapa lama ada pembaruan jika korban tewas hingga 13 orang. Dari keterangan saksi mata menuturkan jika mobil Van itu melaju dengan zigzag saat melintas di kawasan wisata Las Ramblas.

Menurut sksi mata mobil itu melaju dengan kencang dan mulai menabrak satu per satu turis. Bahkan pengemudi juga melukai turis yang ada di kawasan tersebut dan meningalkan korban tergeletak di jalanan.

Saksi menuturkan jika saat terjadinya serangan dari ISIS itu dirinya mendengar jeritan dan merasakan suasana mencekam. ‘Saya mendengar jeritan dan suara benturan. Setelah saya melihat ternyata mobil van itu meluncur dengan kencang ke arah kerumuna orang. Saya pun langsung tahu jika itu serangan dari teroris (ISIS) atau semacamnya’ ujar saksi bernama Tom Gueller.

Tom menambahkan jika saat itu mobil van tak memperlambat lajunya dan justru berjalan lurus ke arah kerumunan orang yang berada di tengan kawasan wisata Las Ramblas. Sedangkan menurut informasi dilaporkan jika dua pria bersembunyi di sebuah bar di pusat Kota Barcelona.

Polisi yang mengetahui kedua pria itupun akhirnya terlibat baku tembak. Otoritas Spanyol menyebut seangan itu sebagai aksi terorisme. Pihak kepolisian setempat pun menerapkan protokol serangan teror terkait dengan aksi teror ini.

Namun sudah dipastikan jika serangan teror yang membuat banyak korban berjatuhan ini dilakukan oleh ISIS. Namun hingga saat ini belum diketahui apa sebenarnya motif serangan tersebut.

Baca juga : Pimpinan Tertinggi ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi Tewas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here