Persiapan Menuju Puncak Ibadah Haji!

0
253
Jemaah Haji Indonesia
Copyright©smeaker

Persiapan Menuju Puncak Ibadah Haji!

Indowarta.com– Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah yani Prof Nizar Ali ini telah mengatakan bahwa Arab Saudi sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada jemaah pada Puncak Ibadah Haji Arafah, Muzdalilfah dan Mina (Armina).

Baca Juga 40 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Mulai Beribadah di Tanah Madinah!

Nizar Ali setelah menggelar rapat pada hari Jumat 18 Agustus 2017 ini telah mengatakan “Rapat yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan, menyiapkan haji, termasuk risiko yang akan terjadi dalam konteks puncak haji”.

Telah dijelaskan bahwa Nizar Ali di dalam rapat juga membahas mengenai penghentian sementara layanan katering dan bus salawat yang ada di Mekah. Mengenai hal ini, sosialisasinya akan segera dilakukan kepada para jemaah.

jemaah haji Indonesia
Copyright©riauaktual

Setelah itu untuk menghadapi Armina, telah dibicarakan mengenai beberapa antisipasi agar kejadian masa lalu tidak terulang lagi. Oleh sebab itu pengerahan petugas perlindungan jemaah (Linjam) yang merupakan personel TNI dan Polril ini akan dimaksimalkan untuk bisa menjaga beberapa titip rawan yang ada di sekitar Mina.

baca juga : Ditemukan Di Luar Lokasi Uji, Jamaah Haji Indonesa Diminta Waspada Virus Mers!

Semua ini telah dipersiapkan guna memberikan kepastian jemaah mendapatkan layanan dengan baik. Selain itu hal ini juga untuk memastikan jemaah selamat dari beberapa hal yang tidak diinginkan. Dirinya mengatakan “Banyak yang tadi kami diskusikan dalam konteks itu dan risiko yang dihadapi. Yang paling krusial adalah wukuf saat di Muzdalifah, risiko besar ketika lempar di jamarat. Bagaimana agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan. Pembagian tugas telah dilakukan”.

Tidak hanya dihadiri oleh seluruh kepala daerah kerja saja, rapat itu juga telah dihadiri oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Kepala Biro Humas Kemenag Mastuki, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Hadi Rahman, Kasatops Armina Kolonel Jaetul Muchlis, dan Kabid Kesehatan KKHI Mekah dr Etik Retno Wiyati.

Berdasarkan dari laporan Ketua PPIH Arab Saudi yakni Ahmad Dumyanthi Basori, jumlah jemaah yang telah tiba di Tanah Suci ini sudah mencapai 141.960 orang yang berasal dari 350 kloter. Sudah sebanyak 39 orang jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga hari Jumat pagi 18 Agustus 2017.

baca juga : 

Tips Jemaah Haji Agar Tetap Sehat Sampai Ibadah Puncak!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here