Waspada dengan Tinea Manum, Infeksi Jamur yang Bisa Menular!

0
436
Infeksi Jamur
Copyright ©detikzone

Waspada dengan Tinea Manum, Infeksi Jamur yang Bisa Menular!

Indowarta.com – Terkadanag kita merasakan gatal-gatal disertai dengan bintik-bintik kemerahan pad bagaian tubuh seprti tangan dan lain sebagainya. Perlu mewaspadai Tinea Manum atau tinea manus yakni salah satu jenis Infeksi Jamur yang menular dan kebanyakan menyerang tubuh di bagian tangan.

Dalam istilah awam Infeksi Jamur ini disebabkan oleh tinea yang berarti kurap dan manum atau manus yang berarti tangan. Dengan perawatan yang tepat penyakit yang disebabkan oleh jamur ini biasa sembuh dalam kurun waktu sekitar 1 bulan.

Tinea atau bahasa kedokteran disebut dermatofitosis ini merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur dermatofita atau sekelompok jamur yang menyerang pada keratin atau sel kulit mati pada tubuh manusia. Ada sejumlah tipe yang menyerang tubuh manusia seperti pada kaki (tinea pedis), jenggot (tinie barbae), kulit kepala (tinea capitis), lengan (tinea corporis), kuku (tine unguium) dan bokong serta selangkang (tinea cruris).

Gejala Infeksi Jamur yang ditimbulkan oleh tinea manum ini sendiri dapat dirasakan dan dideteksi. Gejala tersebut diantaranya tangan akan muncul bercak yang terus membesar, infeksi ummya dimulai pada telapak thttp://indowarta.com/44438/waspada-dengan-tinea-manum-infeksi-jamur-yang-bisa-menular/angan, daerah yang terkena infeksi akan terasa gatal, memerah, kulit mengelupas atau bersisik dan biasa cenderung terjadi pada satu tangan meskipun bisa juga terjadi pada dua tangan.

Infeksi Jamur
Copyright ©detikzone

Gejela yang ditimbulkan ini mirip dengan penyakit kulit lain yang sering menyerang tangan seprti pompholyx, psoriasis atau eksim. Penyakit tersebut juga menyebabkan gatal-gatal serta bercak di kulit, namun penyakit ini tidak disebabkan oleh infeksi jamur seperti tinea manum.

Tinie manum sendiri jarang ditemukan dan umumnya tinea manum terjadi bersamaan dengan tinie pedis (kaki). Kontak langsung dengan orang yang terjangkit serta dengan hewan seperti anjing, kucing dan sapi seta tanah terinfeksi dapat terjangkit penyakit ini. Selain itu pekerjaan yang menyebabkan tangan berkeringat dan basah juga dapat memicu munculnya penyakit jamur ini.

Penanganan dan pengobatan Infeksi Jumur ini perlu dilakukan ketika mendapati gejala-gejala yang telah disebutkan tadi. Tinea manum dapat didiagnosisi di bawah mikroskop dan pengambilan sempel serpihan kulit. Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet dan jamur nantinya akan menyala dengan warna yang berbeda.

Baca juga : Pentingnya Air Liur demi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here