Penyebab dan Cara Mengobati Mata Silinder!

0
783
Mata Silinder
Copyright ©alodokter

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Silinder!

Indowarta.comMata Silinder sering kali terjadi dan kebanyakan orang langsung memilih menggunakan kacamata denga lensa silinder tanpa berusaha mengobatinya. Dalam istilah medis gangguan mata itu disebut astigmatism yang mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan bernayang diakibatkan kornea mata tidak cembung sempurna.

Tanda dan gejela penderita Mata Silinder ini ialah penglihatan kabur atau berbayang. Selain itu penderita juga sering memicikan mata ketika melihat benda ataupun tulisan yang jauh maupun dekat. Penderita juga akan sering mengeluhkan kesulitan untuk membaca tulisan yang kecil.

Kemudian penderita mata silinder juga akan mengeluhkan sakit kepala, mata tegang dan lelah ketika membaca atau memakai komputer. Sejumlah keluhan ini akan muncul jika kondisi yang terjadi pada penderita ini tidak terobati. Sedangkan pada gangguan mata silinder ringan gangguan penglihatan yang diakibatkan tidak akan signifikan.

Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami gangguan mata ini, namun juga bisa terjadi pada usia anak-anak. Jika mata silinder diderita oleh anak-anak kemungkinan besar mereka tidak akan menyadarinya karena kebanyakan dari mereka belum mengetahui benda dengan sempurna.

Mata Silinder
Copyright ©alodokter

Pada anak-anak gejala Mata Silinder terlihat ketika mereka kesulitan untuk membedakan tulisa bercetak miring. Selain itu mereka kemungkinan juga akan sakit kepala, kelelahan dan ketegangan mata. Lalu kenapa mata bisa silinder?

Diketahui jika mata kita sendiri mempunyai sejumlah komponen kunci supaya kita bisa melihat benda dengan jelas. Komponen tersebut seperti halnya kornea dan lensa. Keduanya saling bekerjasama untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar sempurna di retina.

Sedangkan pada penderita mata silinder, kornea mengalami ketidasempurnaan bentuk atau menyimpang dari yang seharusnya memiliki bentuk cembung sempurna yang menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder sendiri lengkungan berupa bola rugbi dan itu bisa dikatakan tidak sempurna.

Pegobatan yang bisa dilakukan untuk Mata Silinder dapat dilakukan dengan sejumlah tindakan. Cara-cara pengobatan tersebut diantaranya memakai kacamata, menggunakan lensa kontak, operasi LASIK atau bentuk kornea dirubah dengan laser, operasi LASEK dan Photorefretive Karatectomi (PRK).

baca juga : Waspada dengan Tinea Manum, Infeksi Jamur yang Bisa Menular!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here