Munculnya Xpander yang Goyahkan Dominasi Avanza!

0
750
Avanza.
Copyright ©otomotifmagz

Munculnya Xpander yang Goyahkan Dominasi Avanza!

Indowarta.com – Acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 sudah usai. Dalam pagelaran ini yang telah bersinar terang adalah Mitsubishi Xpander. Mitsubishi Xpander. Low multi purpose vehicle (LMPV) ini mungkin sudah mengalahkan beberapa produk lainnya yang ada sebelumnya.

BACA JUGA : Avanza Coba Melawan Kekuatan Xpander!

“Desainnya bagus, mobilnya tinggi, dan buat wanita juga oke,” ungkap Maurice, salah satu pengunjung pameran asal Pantai Indah Kapuk.

Adanya keseriusan dari Mitsubishi untuk merajai pasar mobil ini dibuktikan dengan menjadikan GIIAS sebagai ajang untuk World Premiere Xpander. Agar dapat menunjang dalam produksinya, pabrikan ini juga sudah membangun pabrik baru di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Melihat hal itu, lantas bagaimana dengan Toyota Avanza  yang diketahui selamai ini sudah merajai pasar LMPV hingga pangsa yang mencapai 40 persen. dari catatan yang sudah diberikan oleh Toyota Astra Motor, hingga Jumat (18/8/17), dalam pemeran itu pihaknya hanya mampu menjual 1.863 unit.

Jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander, angka itu sangat jauh tertinggal. Melonjaknya pemasan mobil baru tersebut membuat pihak dari Toyota harus siaga. Jika dilihat dari taget produksi Avanza yang mencapai 120 ribu unit, maka untuk itu Toyota sendiri masih bisa tenag-tenang saja, pasalnya Xpander hanya menargetkan 60 ribu unit.

Avanza
Copyright©kumparan

Hal yang sama juga pernah dialami oleh Avanza pada tahun 2014 lalu, pada saat itu pasarnya harus bersaing dengan kehadiran Honda Mobilio. Pada saat itu, Mobillio mampu melakukan penjualan hingga mencapai 79.288 unit.

BACA JUGA : Saingi Xpander, Toyota Luncurkan Avanza Baru!

Sedangkan Avanza yang mengalami penurunan yang cukup drastis dari angka tertinggi yang sudah pernah digapai pada tahun 2013 yaitu 213,458, yang menajadi 162.070 unit pada tahun 2014. Dan hingga sekarang ini Mobillio masih belum dapat menggeser dominasi dari mobil keluaran Toyota itu,.

Namun kehadiran dari Xpander ini sudah membuat acaman pasar kepada Toyota. Bahkan. Perusahaan otomotif yang berasal dari Cina tersebut juga memberikan tantangan kepada Avanza untuk memberikan penawaran dengan harga yang murah.

Namun, Wuling Confero  juga sudah mulai merangsek untuk persaingan pasar mobil ini, dia mulai mengusik konsumen LMPV yang memang cukup sensitive dengan harga jual mobil. Harga yang ditawarkan oleh Wuling Confero sangat murah dan ini merupakan harga pasti.

baca juga : Tanpa Siluet, Begini Lho Penampakan Asli Mitsubishi Expander!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here