Berita Hari Ini : Mengingat Tragedi 2 Februari 1556, Gempa Paling Ganas Yang Tewaskan Lebih dari 830 Ribu Manusia di Tiongkok !

0
781
Gempa tiongkok

Berita Hari Ini : Mengingat Tragedi 2 Februari 1556, Gempa Paling Ganas Yang Tewaskan Lebih dari 830 Ribu Manusia di Tiongkok !

Indowarta.comFebruari mungkin menjadi bulan yang selalu di ingat oleh penduduk Tiongkok. Ini mengingatkan tentang bencana Hebat yang melanda Negeri tiongkok pada 2 Februari 1556 kala itu terjadi Bencana yang sangat Dasyat.

Aliran sungai meledak hebat, tanah retak dan membentuk Rongga panjang dan sebesar Aliran selokan dan memuncratkan air dimana-mana. Pondok, gedung pemerintahan, Kuil dan rumah hancur tiba tiba.

Pada saat itu para masyarakat tiongkok tinggal beratapkan langit tanpa sedikitpun kehangatan. Hal ini tercatat seribu Kilometer rata pada bencana tersebut. Catatan lain memyebutkan Lindu yang mengguncang 23 Januari 1556.

Ribuan nyawa Manusia pun melayang dan berjatuhan korban. Setidaknya sekitar 830 ribu orang atau 60 persen dari populasi Rakyat Tiongkok tewas akibat akibat gempa dahsyat Februari 1556, kebakaran yang terjadi selama berhari-hari, beku di tengah udara dingin, banjir, atau bahkan penjarahan yang merajalela setelahnya.

Saking banyaknya korban  jiwa yang berjatuhan membuat peristia Tersebut masuk gempa paling mematikan sepanjang Sejarah peradaban.

Gaspar da Cruz seorang penjelajah dari Portugis yang berkunjung ke Wilayah Guangzhou pada tahun 1556 mendengar berita soal bencana tersebut.dan didalam halaman terakhir buku yang ditulisnya, Treatise of China (1569), ia menduga, gempa mungkin adalah hukuman untuk para pendosa. Apapun akan selalu ada pelajaran dibalik musibah yang di dapatkan.

Gempa tiongkok0-

Qin Keda, seorang sarjana teladan yang jadi juara dalam ujian pemerintah, berhasil lolos dari bencana tersebut. Ia tak hanya mencatat proses terjadinya gempa, tapi juga memberi petunjuk bagaimana untuk selamat dari Gempa yang menimpa Tiongkok tersebut.

Qin Keda berkata seperti yang dikutip dari situs Science Museums of China bahwa Saat gempa mulai berlangsung, orang-orang yang masih berada didalam rumah atau bangunan harus segera bergegas keluar dan berjongkok diluar hingga gempa yang terjadi tersebut reda.

Qin Keda juga membuat perumpamaan bahwa ketika sarang jatik, sejumlah telur pun yang rapuh akan tetap utuh tidak pecah.

Pengalaman yang terjadi di Tiongkok pada Februari tersebut hingga kini diterapkan tan telah terbukti menyelamatkan jutaan nawa manusia yang telah terkena musibah Gempa.

baca juga : Berita Hari Ini : Resmi Tangani Manchester City Musim Depan, Pep Guardiola Langsung Jadi Trending Topik Hangat di Dalam Dan Luar Negeri !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here