Berita Hari Ini : Hewan Langka Bekantan Kini Tengah Ramai Diperjualbelikan Lewat Fb (Facebook), Netter Geram !

0
1596
fb

Berita Hari Ini : Hewan Langka Bekantan Kini Tengah Ramai Diperjualbelikan Lewat Fb (Facebook), Netter Geram !

indowarta.com– Aktivitas jual beli hewan dilindungi endemis asli dari Kalimantan yakni Bekantan sepertinya masih marak terjadi. Hal ini terbukti atas terungkapnya perdagangan bekantan oleh sejumlah netizen di media sosial Fb. Sontak hal ini langsung mendapatkan respon dari ketua sahabat bekantan Indonesia (SBI) Kalimantan Selatan yaitu Amalia Rezeki.

Pada awalnya salah satu pengguna Fb yang bernama Yahya Ghozalo telah memposting sebuah foto tangkapan layar dari akun Instagram @seriahnifira. Foto tersebut memperlihatkan bekantan kecil yang berada di dalam kurungan. Disana juga diberik keterangan “foto bekanntan baru beli, bekantan hidungnya mancung bingit”.

Kemudian foto tersebut menjadi heboh dan sampai ke telingan Amalia Rezeki yang merupakan ketua dari Sahabat Bekantan indonesia (SBI) Kalilmantan Selatan. Dia sangat menyayangkan bahwa ternyata masih ada aktivitas jual beli bekantan.

Amalia Rezeki mengatakan bahwa masih ada masyarakat yang belum mengetahui bahwa hewan bekantan tersebut merupakan satwa yang dilindungi oleh pemerintah. Masih diperlukan pemahaman dan juga edukasi lebih mendalam ke masyarkat. Semoga nanti bekantan tersebut bisa diserahkan dengan baik.

fb

Amalia juga mengingkat kepada masyarakat apabila mengetahui bekantan yang diperlihara, memperdagangkan, memburu atau membunuhnya, bisa menghubungi BSI atau BKSDA Kalimantan Selatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan juga menghindari resiko hukum yang kemungkinan terjadi.

Pemilik akun @seriahnifita yang mengunggah foto tersebut tidak lama kemudian menghapus fotnya tersebut karena telah menghebohan netizen.

Bekantan memiliki nama ilmiah Nasallis Larvatus yang merupakan sejenis monyet dan mempunyai hidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Hewan ini merupakan salah satu dari dua spesies dalan genus tunggal monyet Nasalis.

Ciri utama yang membedakan bekantan dengan monyet lainnya adalah hidungnya yang besar dan panjang yang hanya ditemukan di spesies jantan. Mengenai fungsi dari hidungnya yang besar ini masih belum diketahui secara pasti. Namun bekantan betina akan lebih memilik bekantan jantan yang mempunyai hidung lebih besar.

baca juga :

Berita Terkini: Viral Di Fb 2 Pria Bunuh 3 Ekor Kucing Hendak Disantap Netizen Murka, Begini Penampakannya!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here