Hati Hati dengan Penipuan New Color For WhatsApp, Bisa Penuh Iklan!

0
319
New Color For WhatsApp
Copyright ©grid

Hati Hati dengan Penipuan New Color For WhatsApp, Bisa Penuh Iklan!

Indowarta.com – Kini internet Indonesia kembali sibukkan setelah beberapa waktu lalu muncul virus WannaCry. Pengguna internet saat ini khususnya pengguna smartphone kembali diserang scam melalui aplikasi WhatsApp yakni tepatnya berhubungan dengan fitur New Color For WhatsApp yang beberapa waktu lalu dimunculkan.

Penipuan dengan New Color For WhatsApp sepertinya memag dirancang sedemikian rupa dengan menghadirkan tampilan desain yang menarik dan meyakinkan. Muncul pesan seakan dari WhatsApp dengan menggunakan fitur ini dengan menggunakan pemendek tautan dengan lamat x.co/6lscC9 dan URL ini pun justru mengarahkan ke situs wp8.link.color.

Seperti layaknya pesan lain pengguna pun diberikan sejumlah janji dimana syaratnya mengakses difitur baru tersebut. Pengguna hanya perlu mengundang 10 kontak WhatsApp atau lima grub percaapan dalam aplikasi WhatsApp.

Jika hal ini dilakukan oleh pengguna WhatsApp maka tentunya akan meyebabkan banjir scam New Color For WhatsApp. Dampaknya penerima scam sendiri bisa dikatakan ringan, sedang hingga parah yakni menerima iklan instalasi aplikasi Fast Cleaner hingga Opera Mini.

 New Color For WhatsApp
Copyright ©kompastekno

Selaian itu yang agak mengancam seperti pemberitahuan aplikais smartphone dalam bahaya dan diarahkan untuk install aplikasi yang di iklankan. Bahkan yang paling berbahaya dari hal ini seperti tampilan iklan dewasa yang berbau dengan konten pornografi.

Mengenai hal ini juga ditanggapi oleh pemerhati pihak keamanan cyber sekaligus juga pendiri Vasincom, Alfons Tanujaya . Dia menghimbau supaya pengguna WhatsApp tidak megeklik scam yang beredar. Sedangkan ada yang menjadi korban bisa mengkonfirmasikan kepada grub atau teman yang telah ada kirimkan scam tersebut supaya berhati-hati.

Penting bagi Anda untuk mengenali tampila pesa scam yang datang dari kontak yang Anda kenal. Tautan yang diberikan dalam scam tersebut ialah x.co/6lsCq yang menurut informasi merupakan salah satu pemendek tautan gratis yang disedikan oleh penyedia layanan Go Daddy.

Sementara itu tujuan utama dibuatnya scam New Color For WhatsApp ini ialah untuk mendapatkan keuntungan finansial dari iklan yang akan diklik oleh korban. Setelah korban menyebarkan ke sejumlah kontak di WhatsApp miliknya bukan fitur baru yang didapat, namun mereka justru akan di bombardir dengan kumpulan iklan yang mengarah pada instalasi aplikasi.

baca juga : Susul FB, Status WhatsApp Kini Bisa Pakai Backround Beragam Warna Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here