Kendarai Sepeda Motor Listrik Roda Tiga Gunakan SIM Apa?

0
671
Copyright ©Tribunnews

Kendarai Sepeda Motor Listrik Roda Tiga Gunakan SIM Apa?

Indowarta.com – Selis menjual sepeda motor listrik roda tiga yang tengah menjadi viral di jagat maya, pada ajang GIIAS 2017. Harganya saat masa promo, yakni sepanjang Agustus 2017 ini Rp 35 juta, namun untuk banderol normal Rp 45 juta.

Menurut pengakuan tenaga penjual Selis yang bernama Eko, ini bukan motor listrik melainkan sepeda sehingga pelaku tidak perlu menggunakan pelat nomor. Selain itu pengemudinya tidak harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) C.

Padahal, secara bentuk sudah jelas kalau itu merupakan motor listrik roda tiga. Lantas, seharusnya pemilik motor itu harus menggunakan SIM apa, A atau C?

WAJIB BACA :  Syarat Membuat SIM B1 dan B2!

Baca Juga Berita Terkini: Ingin Beli Motor Roda Tiga Mewah, Kamu Harus Perhatikan Berbagai Hal Ini !

Permasalahan SIM pemilik motor ini sebelumnya sempat dibahas. Dilansir dari otomania.com, saat itu dikonfirmasi oleh Brigjen Pol Indrajit yang pada wakti itu menjabat sebagai Wakil Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Wakakorlantas).

Copyright ©Liputan6

Menurut keterangan yang diberikan oleh Indrajit, disesuaikn dengan peraturan yang berlaku, yakni Undang-undang Lalu Lintas No,22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam peraturan itu dijelaskan bahwa sepeda motor merupakan kendaraan roa dua dengan atau tanpa rumah-rumah dan dengan atau tanpa kereta samping atau kendaraan bermotor beroda tiga tanpa rumah-rumah.

Bahkan, sebelum dipasarkan juga harus mengikuti uji tipe, sehingga nanti Kemnterian Perhubungan yang akan memutuskan motor listrik roda tiga itu masuk dalam kategori apa.

WAJIB BACA :  Syarat Membuat SIM B1 dan B2!

Baca Juga Berita Terkini: Mencoba Kemewahan Motor Listrik Roda Tiga yang Viral di Media Sosial!

Seperti yang diketahui, belakangan ini masyarakat tengah dihebohkan dengan penampakan motor roda tiga. Di jalanan Banyuwangi, Jawa Timur, motor listrik itu memiki nama Z-bee yang diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest, asal Banyuangi.

Seperti kebanyakan motor roda tiga, motor ini memiliki kapasitas hanya untuk tiga orang, satu di depan, dan dua dibelakang. Sebagian besar msyarakat mengaku ingin memiliki motor ini lantaran memiliki rumah-rumahan bak mobil pada umumnya namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Otomatis, orang yang menaiki motor roda tiga ini tak perlu takut kepanasan maupun kehujanan. Namun sayangnya, Anda diminta untuk berhati-hati saat ingin membeli motor roda tiga ini. Apalagi kalau preorder. Karena banyak penjual motor ini yang fiktif.

Baca Juga Berita Terkini: Bukti Bahwa Penjual Motor Roda Tiga di Surabaya Adalah Palsu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here