Awal Mula Terbentuknya Sindikat Saracen!

0
1519
Saracen
Copyright ©voa Indonesia

Awal Mula Terbentuknya Sindikat Saracen!

Indowarta.com – Kali ini pihak kepolisian berhasil mengungkap sindikat Saracen yang diduga menyebarkan hate speech atau ujaran kebencian melaui media sosial. Ujaran kebencian dijadikan oleh para pelaku sebagai ladang bisnis dengan pengasilan mencapai puluhan juta rupiah.

Jasriadi yang merupakan ketua sindikat Saracen ini menceriatakan awal mula terbentuknya kelompok yang melakukan aksinya dimedia sosial ini. Dia mengatakan jika kelompok ini terbentuk guna menghancurka kelompok grub media sosial lainnya.

Dia mengatakan jika langkah awal yang dilakukan yakni menghancurkan media sosial lain dengan melakukan hack dan memberikan ujaran kebencian. ‘Ini (Saracen) awalnya terbentuk tanpa direncanakan dan setelah kita hack grub yang namanya dengan kata binatang baru kita mulai’ ujarnya saat diperiksa di Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis, 25 Agustus 2017.

Dikatakan oleh Jasriadi jika pada saat itu ujaran grub ujaran kebencian mulai banyak dan dirinya beserta tim yang telah dibentuk menghancurkan grub tersebut. Dari itulah pelaku mulai menghimpun jaringan melalui media sosial untuk menghancurkan grub tersebut.

Saracen
Copyright ©berita medan

‘Pada saat itu banyak grub yang adminnya menyamar. Pada saat itulah saya merasa terpanggil untuk mulai menghancurkan grub tersebut dan coba saya ambil alih grub itu’ sambungnya

Saracen menurut Jasriadi diberikan karena mempunyai arti yakni perjuangan di media soial. Pria ini mengaku jika dirinya mendapatkan kemampuan meretas jaringan media sosial tidak belajar secara khusus. Dia belajar secara autodidak melalui internet khususnya yang berhubungan dengan facebook.

‘Tak ada yang mengajari, kalaupun ada prosesnya pasti sangat panjang sekali. Saat itu saya belajar tentang fcebook bagimana buka kode source. Kebetulan dibawahnya ada pengembang asal India dan beliau menjual beberap program-program dasar Facebook’ ujarnya.

Sementara itu dlam kasus Saracen ini polisi berhasil membekuk tiga orang tersangka. Ketiga orang tersebut diantaranya Jasriadi alis JAS sekaligus sebagai ketua Saracen, MFT sebagai koordiator media dan informasi dan Sri Rahayu Ningsih alis SRN sebagai koordinator wilayah. Saat ini polisi masih melakukan pengembangan guna menangkap tersangka lain yang menjadi admin jarinan yang mengabarkan ujaran kebencian ini.

baca juga : Rumah Dirjen Hubla Antonius Tonny Budiono Sangat Sederhana, Uang Rp 20,7 M Untuk Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here