Ini Hukum Bagi Muslim Terlibat Saracen Menurut Fatwa MUI!

0
343
Saracen
Copyright©twimg

Ini Hukum Bagi Muslim Terlibat Saracen Menurut Fatwa MUI!

Indowarta.com– Bareskrim Polri telah berhasil mengungkap salah satu dalang di balik penyebaran ujaran kebencan dan SARA di dalam media sosial yakni sindikat Saracen. Hingga saat ini polisi telah berhasil menangkap dan juga menetapkan tiga orang sebagai tersangka di dalam kasus Saracen ini.

Tiga tersangka tersebut adalah Jasriadi berusi 32 tahun yang merupakan ketua Saracen, Muhammad Faizal Tanong 43 tahun yang merupakan koordinator bidang media dan informasi, serta Sri Rahayu Ningsih 32 tahun sebagai koordinator grup wilayah.

Di dalam menjalankan aksinya menyebarkan kebencian dan juga SARA, sindikat saracen ini disebutkan memasang tarif yang tidak tanggung-tanggung yakni hingga puluhan juta rupiah pada orang yang menggunakan jasa mereka.

Saracen
Copyright ©wartamaut

Terkait dengan hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun juga ikut angkat bicara. MUI telah menegaskan bahwa sindikat Saracen ini telah melanggar Fatwa MUI Nomro 24 mengenai Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui media sosial.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid lewat keterangan persnya pada  hari Senin 28 Agustus 2017 ini telah menyebutkan “Fatwa MUI menyebut bahwa setiap Muslim yang bermuamalah melalui media sosial, diharamkan melakukan gibah (membicarakan keburukan atau aib orang lain), fitnah, namimah(adu domba), dan penyebaran permusuhan”.

Menurut MUI, aksi sindikat Saracen ini tujuannya adalah juga untuk meraup finansial dan juga menebar kebencian, tidak dibenarkan. Zainut menegaskan “Berprofesi menyediakan informasi berisi hoak, gibah, fitnah, namimah, bullying, aib, gosip untuk memperoleh keuntungan, baik ekonomi maupun non-ekonomi, hukumnya juga haram. Demikian orang yang menyuruh, mendukung, membantu, memanfaatkan jasa, dan orang yang memfasilitasinya”.

Hingga saat ini polisi pun juga masih mencari para tersangka yang lainnya di dalam kasus Saracen ini. Selain itu polisi juga telah memburu beberapa pihak yang memesan jasa Saracen tersebut. berdasarkan dari hasil pengembangan, kasus sindikat Saracen ini polisi telah berhasil menemukan proposal pada saat oleh tempat kejadian perkara di kediaman ketua Saracen yakni Jasriadi alias JAS.

baca juga : 

Ups. . Saracen Jadi Simpatisan Capres Kalah di Pilpres 2014?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here