Berita Terkini : Bagaimana Jadinya Jika Salah Satu Dari Ahok Ataupun Heru Jadi Tersangka KPK ?

0
1355
Ahok

Berita Terkini : Bagaimana Jadinya Jika Salah Satu Dari Ahok Ataupun Heru Jadi Tersangka KPK ?

indowarta.com– Salah satu perkara yang akan menjegal pencalonan kandidat bakal calon Gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017  adalah kandidat tersebut sedang tersangkut masalah dengan hukum. Tidak terkecuali juga untuk pasangan kandidat Basuki Tjahaja Purnama dan juga Heru Budi Hartono.

Diketahui sebelumnya, Ahok dan juga Heru pernah dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan kasus hukum. Mereka tersangkut kasus dugaan suap pembahasan raperda reklamasi Teluk Jakarta.

Walaupun demikian, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Artha memperkirakan kasus hukum tidak serta merta membatalkan pencalonan kepala daerah. Dia mengatakan bahwa pencalonan kepala daerah tidak akan gugur apabila yang mencalonkan ditetapkan sebagai tersangka.

WAJIB BACA :  Pujian Kepada Ahok yang Mengalir Saat Peresmian Simpang Susun Semanggi!

Artinya apabila mereka nanti ketika diverivikasi keduanya ditetapkan sebagai tersangka, itu tidak akan menggugurkan pencalonannya. Proses tersebut akan tetap berjalan.

Ahok

Berdasarkan UU Nomor 8 tahun 2015 mengenai Pilkada, seseorang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon ketika pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun dan juga sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Jika berbicara mengenai isu Sumber Waras dan reklamasi, biarkan saja. Jika hal tersebut memperngaruhi elektabilitas calon, itu sudah merupakan hal yang lain lagi. Namun hal tersebut bisa menjadi masalah jika kasus itu berkekuatan hukum tetap sebelum pelantikan kepala daerah terpilih.

Kepala daerah yang terlibat kasus seperti itu akan tetap dilantik, namun kemudian hari setelah pelantikan harus diganti oleh orang lain.

WAJIB BACA :  Pujian Jokowi Untuk Ahok Saat Meresmikan Simpang Susun Semanggi!

Terkait dengan pencalonan Ahok dan Heru, I Gusti Putu Artha menghimbau kepada rekan-rekan untuk tetap berkerja seperti biasanya tanpa mempedulikan isu-isu yang beredar di luar.

Dia mengaku bahwa tidak ada hubungan apa-apa dengan Ahok maupun Heru. Dia hanya ingin membangun sistem dan juga nilai yang selama ini telah hilang di Tanah Air. Dan mereka semua merupakan bagian dari hal tersebut. Toh hingga sekarang juga masih belulm diketahui pastinya mengenai kasus yang melibatkan Ahok dan Heru.

baca juga :

Berita Terkini : Cita Cita Mulia Ahok Bangun Jakarta Tanpa Gunakan Dana APBD !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here