Berita Terkini : Mulai Tahun Depan, 330 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Akan Dipecat Per Tahun !

0
2570
pns

Berita Terkini : Mulai Tahun Depan,  330 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Akan Dipecat Per Tahun !

indowarta.com– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengurangi jumalh PNS sebanyak 330 ribu di seluruh Indonesia pada setiap tahunnya. Kebijakan tersebut merupakan bagian dari penataan atau rasionalisasi 1 juta PNS sampai 2019 nanti.

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi pada saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawain 2016 mengatakan bahwa pemerintah akan mengurangi 1 juta PNS di seluruh Indonesia. program tersebut akan dimulai tahun depan sampai dengan 2019. Hal itu berarti sebanyak 330 ribu orang akan dipecat setiap tahunnya.

Yuddy mengatakan bahwa dalam setahun, pihaknya akan rasionalisasi 330 ribu PNS. Termasuk juga tahun depan. Itu berlaku di seluruh Indonesia.

WAJIB BACA :  Sri Mulyani Akan Jalankan Program Baru Pensiun PNS Mulai Tahun Depan!

Yuddy mengaku bahwa langkah mengurangi jumlah PNS tersebut merupakan bagian dari rencana pemerntah untuk memangkas total basis PNS dari 4,5 juta pada saat ini menjadi 3,5 juta sampai dengan tahun 2019. Jadi jumlah PNS 4,5 juta tersebut akan dikurangi 1 Juta menjadi 3,5 juta PNS.

pns

Dia juga yakin bahwa pengurangan PNS tersebut tidak akan mengganggu kinerja pemerintah terutama pada layanan publik. Sebab Yuddy menyebutkan bahwa pemerintah hanya memecat para PNS yang tidak mempunyai kinerja yang bagus.

Yuddy mengatakan bahwa hal ini tidak akan mengganggu pelayanan publik. Karena mereka yang termasuk dalam kategori kinerja buruk lah yang akan dipecat. Jadi produktivitas mereka bisa dikatakan rendah.

WAJIB BACA :  Sri Mulyani Akan Jalankan Program Baru Pensiun PNS Mulai Tahun Depan!

Pada 25 Mei 2016 kemarin Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa pada saat ini jumlah PNS di seluruh Indonesia telah mencapai 4,5 juta pegawai. Dari jumlah tersebut, PNS yang berkedudukan sebagai jabatan fungsional umum memiliki porsi besar yaitu 42 persen.

Jika dilihat dari komposisinya, jumlah SDM aparatur negara Indonesai mencapai 4,517 juta orang. Jumlah tersebut dibagi menjadi 32 persen untuk guru, 0,7 persen untuk tenaga medis, 6 persen untuk para medis, dan 42 persen untuk jabatan fungsional umum.

baca juga :

Berita Hari Ini : Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UNPAD, Megawati Soekarnoputri Dapat Ucapan Selamat dari Ahok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here