Berita Terkini : Tepat Hari Ini 27 Mei, Mengenang Gempa Yogyakarta 2006 Silam Yang Telan Korban Jiwa Hingga 6.234 !

    0
    1375
    yogyakarta

    Berita Terkini : Tepat Hari Ini 27 Mei, Mengenang Gempa Yogyakarta  2006 Silam Yang Telan Korban Jiwa Hingga 6.234 !

    indowarta.com– 27 Mei 2006 merupakan peristiwa gempa bumi tektonik yang kuat mengguncang Daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gempa Yogyakart tersebut terjadi sekitar pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa Yogyakarta yang terjadi itu berkekuatan 5,7 skala richter. Bahkan geological United States Survey melaporkan bahwa kekuatan gempa Yogayakarta ini sebesar 6,2 skala richter.

    Menurut Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia lokasi gempa berada di koordinat 8,007 LS dan 110,286 BT pada kedalaman 17,1 kilometer. Namun menurut BMG yang telah resmi dirilis pada saat itu lokasi gempa berada di korrdinat 8,26 LS dan 110,31 BT dengan kedalaman 33 kilometer.

    Setelah data dari berbagai ppihak yang dipunyai jejaring BMG dan dilakukan perhitungan, update terakhir BMG pusat gempa berada di koordinat 8,03 LS dan 110,32 BT dengan kedalaman mencapai 11,3 kilometer. Kekuatan gempa mencapai 5,9 skala richter magnitute Body atau setara dengan 6,3 skala richter magnitude moment. Sebanyak 70 persen rumah di kecamatan Jetis rata dengan tanah.

    Yogyakarta

    Kemudian gempa susulan terjadi beberapa kali sekitar pukul 06.10 WIB, 08.15 WIB dan 11.22 WIB. Gempa Yogyakarta ini mengakibatkan banyak rumah dan gedung rubuh, rusaknya instalasi listrik dan komunikasi. Bahkan seminggu setelah gempa terjadi banyak lokasi di Bantul yang masih belum bisa dialiri listrik. Gempa bumi juga mengakibatkan bandara Adi Sucipto ditutup sementara karena gangguan komunikasi.

    Mall Saphir Square mengalami rusak parah pada lantai 4 dan 5. Tembok depan mall lantai tersebut roboh dan berlubang. Namun Mall Ambarukmo Plaza yang pada saat itu belum lama dibuka tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

    GOR Universitas Ahmad Dahlan mengalami kerusakan yang cukup parah. Atap GOR roboh dan hanya tersisa tembok di sisi-sisinya. STIE dan juga ISI  Yogayakarta juga mengalami kerusakan yang sangat parah.

    Tidak ketinggalan juga Candi Prambanan yang mengalami kerusakan cukup parah dan harus ditutup sementara untuk meneliti kerusakannya. Kerusakan yang dialami candi Prambanan kebanyakan adalah runtuhnya bagian-bagian gunungan candi dan beberapa bebatuan yang telah menyusun candi.

    Makam Imogiri juga mengalami kerusakan yang cukup parah. Beberapa kuburan yang ada amblas, lantai retak dan amblas, sebagian tembok  dan bangunan makam runtuh dan juga hiasan keramik banyak yang pecah. Bahkan bansal Trajumas yang menjadi simbol keadilan itu ambruk.

    baca juga :

    Berita Terkini : Mulai Tahun Depan, 330 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Akan Dipecat Per Tahun !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here