Kesalahan Fatal yang Dilakukan Saat Memakai Kontak Lensa!

0
968
Kontak Lensa
Copyright ©hellosehat

Kesalahan Fatal yang Dilakukan Saat Memakai Kontak Lensa!

Indowarta.comKontak Lensa atau soft lensa sejak beberapa waktu belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup. Bukan hanya selebritis saja yang memakianya, namun orang biasa pun banyak yang menggunakannya.

Selain praktis Kontak Lensa dinilai lebih modis dibandingkan dengan penggunaan kacamata. Tapi sayangnya lensa buatan ini mempunyai resiko kesehatan bagi seseorang jika menggunakannya dengan cara yang tidak benar.

Tak hanya itu kebisaan buruk setelah menggunaan lensa ini juga akan mempengaruhi kesehatan mata penggunanya. Salah satunya seperti memakai lensa ketika tidur dan tindakan ini sangat berbahaya karena dapat memicu infeksi mata bahkan cidera permanen.

Dari catatan yang didapat lebih dari seribu kasus akibat lensa buatan ini terjadi karena cara pemakaian yang tidak tepat. Akibatnya dari lima orang yang terinfeksi mengalami keruskan mata mulai dari penglihatan hingga keruskan pada kornea.

Kontak Lensa
Copyright ©beritaunik

Maka dari itu untuk menghindari gangguan kesehatan karena penggunaan Kontak Lensa yang salah perlu mencermati lima hal kesalahan dalam penggunaannya. Lima hal tersebut yakni lensa digunakan saat tidur, memegang lensa dengan jari kotor, mandi dan berenang menggunakan lensa, memakai lensa dengan waktu lama dan menggunakan lensa yang sudah kadaluarsa.

Menggunakan lensa saat tidur merupakan tindakan yang salah pertama. Saat menggunakan lensa tidak boleh tidur karena enzim dan antibodi yang melindungi permukaan mata membutuhkan oksigen untuk melawan kuman. Pada saat mata tertutup suplai udara menurun dan jika Anda menggunakan lensa maka mata akan kekurangan oksigen.

Kesalahan kedua yakni memegang lensa dengan tangan yag kotor. Kalian perlu membersihkan tangan sebelum memegang lensa untuk menghindari kontainasi bakteri. Bersihkan tangan jika akan memegang lensa baik setalah memegang kursi maupun benda lainnya.

Kemudian kesalahan yang ketiga yakni mandi atau berenang tanpa melepas lensa. disarankan untuk penggunanya melepas lensa buatan itu sebelum mandi atau berenang untuk menghindari dari infeksi amoeba yang ada dalam air.

Keempat terlalu sering memakai lensa dalam jangka waktu yang cukup lama. Penggunaan lensa sendiri disarankan tidak melebihi 12 jam per hari dan setelahnya mengganti dengan yang baru.

Kesalahan yang terakhir atau kelima dalam penggunaan Kontak Lensa yakni mengguakan lensa yang sudah kadaluarsa. Sering kali orang memakai lensa tanpa memantau terlebih dahulu tanggal kadaluarsa. Maka dari itu penting sekali untuk mengecek tanggal kadaluarsa untuk mencegah gangguan kesehatan mata.

baca juga : Aman Atau Tidakkah mengkonsumsi Pil Pelangsing?’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here