Berita Terkini : Akibat Pasar Besar Malang Terbakar, 3300 Lebih Lapak Milik Pedagang Jadi Abu !

0
1356
Pasar Besar Malang

Berita Terkini : Akibat Pasar Besar Malang Terbakar, 3300 Lebih Lapak Milik Pedagang Jadi Abu !

indowarta.com– Penyebab dari kebakaran Pasar Besar Malang hingga saat ini masih belum diketahui pasti. Namun dugaan kuat adalah adanya arus pendek di lantai dasar bagian tengah. Sampai pukul 15.00 WIB petugas pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman sekaligus pembasahan di lantai dasar tengah serta lantai atas.

Kadis Pasar Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan bahwa untuk penyebab kebakaran kini masih menunggu penyelidikan polisi. Banyak spekulasi yang muncul, seperti konsleting listrik yang menguat. Ini masih belum padam dan masih terus dilakukan pembasahan.

Mengenai jumlah kerugian, Wahyu sendiri masih belum bisa menaksir akibat kebakaran hebat tersebut. Namun jika berdasarkan jumlah transaksi setiap harinya bisa mencapai sekitar Rp 600 juta hingga 1 miliar lebih.

Wahyu mengatakan bahwa ada sekitar 3.300 lapak pedagang di lantai dasar dan di atasnya. Ditafsir yang hangus dibakar si jago merah adalah sebanyak 25 persen.  Di lantai dasar, mayoritas adalah pedagang ikan, ayam, daging,barang pecah belah atau peralatan rumah tangga. Sedangkan di lantai kedua mayoritas adalah penjual baju.

kebakaran-dumai_20141112_095643

Rencana relokasi sudah ditentukan mulai besok akan memanfaatkan lahan luar di sisi kanan dan juga kiri Pasar Besar Malang. Karena pada satu hari ini pasar ditutup, petugas dari Pam swakarsa dibantu aparat kepolisian dan TNI guna menjaga lapak para pedagang.

Wahyu juga membahas mengenai kondisi pasar besar malang yang terkesan semrawut dan ada rencana untuk dilakukan pemeliharaan sarat infrastruktur pada tahun ini. Kesan kotor dan juga kumuh sangat melekat di Pasar Besar Malang yang terletak di jantung Kota Malang.

Setidaknya ada 12 mobil pemadam kebakaran yang telah diterjunkan untuk memadakan api sejak tadi pagi. Belasan mobil pemadam kebakaran tersebut berasal dari Pemkot Malang, Pemkab Malang, Kota Batu dan juga beberapa perusahaan swasta. Petugas kepolisian sendiri juga telah menerjunkan Tim Labfor untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

baca juga :

Berita Terkini : 4 Jam Lebih Api Terkam Pasar Besar Malang, Warga Dan Pedagang Was Was !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here