Berita Terkini: Gempa Sebesar 5 SR Guncang Malang Akibat Pertemuan Dua Lempeng Bertemu!

0
1424
gempa
Copyright©iwarta

Gempa Sebesar 5 SR Guncang Malang Akibat Pertemuan Dua Lempeng Bertemu!

Indowarta.comGempa kini kembali terjadi dan dirasakan oleh warga Malang, Jawa Timur. Gempa bumi yang berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) ini mengguncang wilayah Malang dan daerah di tenggara Malang pada Jumat, 1 September 2017 sekitar pukul 10.47 WIB.

Letak Gempa sendiri yakni di 11.63 Lintang Selatan (LS) dan 112.88 Bujur Timur (BT) serta pusat getaran berada di kedalaman 10 kilometer. Mengenai peristiwa ini juga dijelaskan oleh Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Musripan.

Dia menuturkan jika gempa berada di tenggara Malang dan jauh dari masyarakat berada. Getaran ini sendiri bahkan tak turut dirasakan oleh masyarakat karena lokasinya yang jauh yakni sekitar 390 kilometer dari Kota Malang.

‘Gempa berkekuatarn 5,0 SR ini tak berpotensi tsunami. Gempa juga tak dirasakan warga karena letaknya jauh sekitar 390 kilometer lebih dari Kota Malang dan lokasi tepatnya berada di laut. Jika dikatakan berpotensi tsunami jika gempa berkekuatan 7.0 SR lebih’ ujarnya.

gempa
Copyright©viva

Musripan menambahkan penyebab Gempa sendiri yakni pertemuan lempeng Indoustralia dan lempeng besar Eurasia. Cukup diketahui jika lempeng Indoaustralia berada di bawah lempeng Eurasia dan akibat pertemuan dua lempeng tersebut menyebabkan getaran setiap tahunnya.

‘Lempeng Indoustralia menukik ke bawah dan lempeng Eurasia berada diatasnya. Pertemuan kedua lempeng ini selalu bergerak sekitar 7 sentimeter sehingga menyebabkan pergerakan energi yang tersimpan. Dari itulah lama-kelamaan lempeng satu dengan yang lainnya mesti tidak kuat’ sambung Musripan.

Guna mengatisipasi terjadinya tsunami, Stasiun Geofisika Karangkates dan sejumlah relawan telah menyiapkan beberapa jalur evakuasi tsunami. Dengan disiapkannya jalur evakuasi akan mempermudah mengevakuasi warga jika sewaktu-waktu terjadi tsunami.

Dikatakan oleh Musripan jika di Malang selatan ,tepatnya sudah disediakan jalur evakuasi untuk mengatasi terjadinya tsunami. Menurutnya jalur evakuasi ini sangat diperlukan karena biasanya korban banyak berjatuhan bukan karena gempa saja, namun juga bahaya kedua yakni kejutan kabel listrik.

Mengenai Gempa ini juga diinfromasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dikatakan jika gempa terjadi pada pukul 10.47 WIB. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer di bawah permukaan laut serta lokasinya berada di koordinat 11,63 LS dan 112,88 BT dengan titik gempa 367 km sisi tenggara Kabupaten Malang.

baca juga :  Berita Terkini: Getaran Gempa Gunung Mentawai Terasa Hingga Padang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here