Berita Terkini : Sore Hari Ini, Praktisi Himbau Ta’Mir Masjid Koreksi Arah Kiblat !

    0
    1984

    Berita Terkini : Sore Hari Ini, Praktisi Himbau Ta’Mir Masjid Koreksi Arah Kiblat !

    indowarta.com– Praktisi Hisan dan Rukyat Muahmmadiyah Sumatera Barat Firdaus AN mengajak semua umat Islam untuk membetulkan arah kiblat shalat yang bertepatan degnan momen matahri tepat berada di atas Kabah pada tanggal 27 Mei 2016 sekitar puku 163.18 WIB.

    Firdaus mengungkapakn banwa berdasarkan penelitian, masih banyak masjid dan mushola di Padang yang berarah kiblat tidak tepat. Tentu saja hal itu membuat arah kiblat shalat kita tidak tepat menghadap ke Kabah. Cara yang palling sederhana namun juga akurat saat ini dalam menguji arah kiblat sudah benar atau bukan dengan memanfaatkan posisi matahari ketika berada di atas Kabah.

    Cukup menghadap ke matahari dan lalu ditarik lurus, maka arah kiblat tepat. Dia juga menyampaikan pengukuran arah kiblat bisa dilakukan sekitar sebelum pukul 16.18 WIB hingga lima menit sesudahnya. Firdaus mengatakan bahwa arah kiblat di Padang berada pada 65,3 derajat dari utara ke barat dan 24,7derajat dari arah barat ke kiblat.

    kompas_kiblat_casa_pakarfisika250

    Walaupun sudah banyak perbaikan, namun masih ada rumah ibadah yang kiblatnya tidak tepat dengan menyimpang sebanyak 1  derajat hingga 10 derajat. Jika kiblat menyimpang 1 derajat saja maka akan melenceng sebesar 100 kilometer. Apalagi jika kita melenceng 10 derajat, maka sudah tidk menghadap kiblat, melainkan kita menghadap ke Etiopia.

    Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumbar telah menyampaikan kepada masyarakat bahwa bisa melakukan pengujian kiblat pada tanggal 27 Mei 2016. Karena pada saat itu posisi matahari benar-benar berada tepat diatas Kabah.

    Untuk melakukan pengujian bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang berbentuk tegak lurus berupap tiang pancung. Kemudian ditarik garis lurus ujung bayangan hingga ke posisi tiang pancang yang tegak lurus, maka itulah arah kiblat yang benar.

    Rahmat menjelaskan bahwa dalam setahun sekali matahari akan bergerak semu dari posisi 23,5 derajat LS  ke 23,5 derajat LU. Akbiat dari pergerakan tersebut, pada tanggal tertentu matahari akan tepat berada di atas suatu bangunan atau kota.

    baca juga :

    Berita Terkini : Ini Yang Akan Dilakukan Ahok Di Jakarta Usai Hukuman Kebiri Kimia Diteken Oleh Presiden Jokowi !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here