Diamnya Sikap Aung San Suu Kyi Saat Ribuan Warga Muslim Rohingnya Mengungsi!

0
597
Aung San Suu Kyi
Copyright©REUTERS

Diamnya Sikap Aung San Suu Kyi Saat Ribuan Warga Muslim Rohingnya Mengungsi!

Indowarta.com – Pada tahun 1991, Aung San Suu Kyi telah mendapatkan nobel perdamaian. Namun dalam kesempatan itu dia tidak bisa hadir lantaran telah ditahan oleh pemerintah Myanmar. Dia menjadi tahanan rumah tanpa proses pengadilan, lantaran diketahui telah aktif dalam memperjuangkan demokrasi di Myanmar.

BACA JUGA : DPR Siap Bawa Krisis Kemanusiaan di Rohingya Ke Forum Parlemen Dunia!

Pada saat pemberian penghargaan itu, dia diwakili oleh anaknya, Alexander. Selang dua 21 tahun kemudian, Aung San Suu Kyi dapat langsung hadir sendiri tepatnya pada 16 Juni 2012 di Oslo, Norwegia untuk melangsungkan pidato soal penerimaan anugrah penghargaan kepadanya.

Dalama acara tersebut, kehadiran dari perempuan yang memiliki kelahiran Yangon, Myanmar 19 Juni 1945 tersebut telah dinanti banyak pihak. Bahkan, Ketua Komite Nobel Perdamaian Norwegia Thorbjorn Jagland memberikan sambutan kepada Aung San Suu Kyi di bandara langsung.

Aung San Suu Kyi, (1)
Copyright©suratkabar

Selang setelah itu, pada saat berada di hotel, dia juga bertemu dengan Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg. Bahkan, masyarakat disana juga telah menanti kunjungan dari Aung San Suu Kyi.

“Masyarakat (Norwegia) telah sangat lama menantikan kunjungan ini. Sejak Anda dianugerahi penghargaan ini (nobel) kami sangat menantikan momen ini,” ucap Stoltenberg saat itu seperti dilansir dari The Guardian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here