Benarkah Postingan Jonru Ginting di FB, Termasuk Hate Speech?

0
650
Jonru Ginting
Copyright ©detiknews

Benarkah Postingan Jonru Ginting di FB, Termasuk Hate Speech?

Indowarta.com – Banyak orang mengatakan dan memprotes postingan Jonru Ginting di media sosial facebook karena dianggap mengandung ujaran kebencian (Hate Speech). Namun Kuasa Hukum Jonru, Razman Arif Nasution menilai jika apa yang diunggah kliennya selama ini tak ada yang seperti apa yang dituduhkan oleh banyak orang.

Menuurt Razman unggahan Jonru Ginting di akun FB pribadinya hanya kritikan semata. Selain itu menurutnya pada detiap postingan kliennya itu tak ada tendensi apapun apalagi menyebarkan ujaran kebencian.

Meskipun begitu Razman mengatakan jika Jonru dan dirinya tak mempermasalahkan jika ada yang mengatakan unggahan itu berbentuk ujaran kebencian. ‘Saya menilai jika itu merupakan sebuah kritikan. Ya kita lihat saja dipengadilan, silahkan jika sekarang mau bilang itu ujaran kebencian’ ujarnya pada Senin, 4 September 2017.

Sedangkan mengenai laporan yang ditujukan kepada Jonru oleh sejumlah pihak, Razman menganggap itu hal biasa. Hal tersebut dikatakannya karena setiap orang berhak menilai ungahan yang dilakukan Jonru, namun Razman meminta jika memang ada yang melaporkan maka laporkan yang sifatnya substantif.

jonru ginting
Copyright ©Facebook/jonruginting

Saat ini Razman melihat jika ada dua laporan yang ditujukan kepada Jonru Ginting. Namun menurutnya laporan tersebut laporan tersebut tidak bersifat substantif. Kedua laporan itu sendiri diajukan oleh Muannas Al Aidid dan Muhammad Zakir Rasyidin.

Dia menilai jika apa yang menadi bahan laporan Muanas Al Aidid sama sekali tak ada kaitannya dengan penghinaan pada lambang negara. Hal itu dikatakan oleh Razman karena ungahan Jonru yang dilaporkan oleh Muannas mempunyai sifat universal. Sedangkan laporan Muhammad Zakir Rasyidin menurut Razman justru mengarah pada fitnah terkait lambang negara.

Dikathui jika Muannas A Aidid sendiri telah diperiksa Ditkrimsus Pold Metro Jaya selama 8 jam lamanya pada Senin, 4 September 2017. Dia menyebutkan jika ada sejumlah postingan Jonru yang diduga megandung unsur pidana.

Dari banyak postingan oleh Jonru Ginting yang diberikan Muannas ke penyidik ada sekitar sepuluh yang dianggap mengandung unsur pidana. Muannas sendiri membantah jika laporan ini dibuatnya hanya terkait dengan bahasan menyagkut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya ada individu lain yang dipermaslaahkan oleh Jonru pada postingannnya.

baca juga : Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya, Begini Komentar Jonru Ginting!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here