Ketahui 10 Penyebab Mobil Terbakar!

0
115
Penyebab Mobil terbakar
Copyright ©otomania

Ketahui 10 Penyebab Mobil Terbakar!

Indowarta.com – Kusus mobil terbakar beberapa waktu terakhir ini marak terjadi salah satunya kejadian terbakarnya mobil di Bekasi, Jawa Barat waktu lalu. Penyebab Mobil Terbakar itu menimbulkan pertanyaan pasalnya mobil itu terbakar disaat mesin kendaraan mati alias tak beroperasi.

Pihak kepolisian bersama dengan pabrikan pembuat mobil itupun melakukan investigasi guna mengetahui Penyebab Mobil Terbakar itu. Banyak dari pengendara kendaraan roda empat ini yang tidak tau jika terbakarnya sebuah mobil bisa dikarenakan adanya pematik dan bersentuhan dengan bahan bakar.

Selain itu kebakaran juga bisa terjadi akibat konsleting pada kabel yaang bisa memercikan api dengan mudah. Mengenai penyebab kebakaran mobil ini pun juga dituliskan dalam situs resmi Toyota pada Senin, 5 September 2017.

Penyebab Mobil terbakar
Copyright ©arbamedia

Setidaknya ada 10 Penyebab Mobil Terbakar yang telah dirangkum oleh situs resmi Toyota. lalu apa saja?

1. Kabel terkelupas, kondisi ini bisa menimbulkan api. Kondisi mobil yang tak stabil sering kali membuat kabel yang rapuh saling bergesekan dan akibatnya menimbulkan sobekan pada kabel. Tanda adanya kabel terkelupas biasanya muncul aroma sangit dan segera pinggirkan kendaraan Anda jika mendapati tanda-tanda tersebut.

2. Kabel pararel bertumpuk ada aki, biasanya kabel yang pararel yang tidak kencang pengikatnya atau baut akan menyebabkan konsleting. Maka dari itu Anda perlu memeriksa soket kabel pada aki sesering mungkin untuk keamanan.

3. Besar kabel tak sesuai, hal ini biasanya sering diabaikan oleh pengendara. Kabel sendiri sagat riskan jika tak mengguaan tipe yang tepat karena mempunayi daya yang berbeda.

4. Selang bensin bocor, kejadian ini biasanya sering dialami oleh mobil yang sudah berumur. Selang sendiri pada mobil hanya bermaterikan kain dan gampang rapuh serta sobek.

5. Karburator, mobil jangan sampai menggunakan filter udara terbuka jika masih menggunakan karburator. Bahayanya jika ada kabel yang lecet hawa bensin yang masuk melalui celah-celah yang tebuka akan menimbulkan percikan api.

6. Pipa kenalpot yang bocor, kejadiana ini biasanya dialami bagian yang melewati tangki bansin. Adanya hawa panas bensin akan menguap dan secara tidak langsung akan memicu kebakaran.

7. Oli bocor, Anda khususnya yang sudah memodifikasi mesin supaya menggunakan wraping atau pembungkus antipanas. Selain tiu teliti apakah ada oli dari blok mesin didekat header atau kenalpot untuk mencegah kebakaran.

8 Mesin mobil yang sudah dimodifikasi, untuk hal ini disarankan memakai selang bensin yang berkualitas. Sebaiknya pengendara memakai selang bermerek dengan bahan serat karbon atau baja.

9. O-ring injektor, jika karet atau o-ring injektor sudah keras cepat diganti karena kendaraan memerlukan o-ring yang fleksibel.

10. Setrum kabel busi bocor, kondisi ini seringkali menimbulkan percikan api dan bisa menyebakan kebakaran jika terkena tetesan bensin.

Dengan informasi Penyebab Mobil Terbakar ini tentu diharapkan supaya kalian para pengendra lebih teliti dalam merawat kendaraan. Ini diharapkan supaya mengurangi kebakaran mobil yang sering terjadi beberapa waktu terakhir.

baca juga : Berita Terkini: Begini Kronologis Kebakaran Kereta Api di Senen Usai Tabrakan dengan Mobil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here