Berita Terkini : Lowongan CPNS Dibuka Besar Besaran, Dari Guru, Dokter Hingga Sipir !

    0
    4199
    pns

    Berita Terkini : Lowongan CPNS Dibuka Besar Besaran, Dari Guru, Dokter Hingga Sipir !

    indowarta.com– Kementerian Pendayagunaan Aparatut Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka 81 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2016 ini. Perekrutan CPNS ini ditujukan untuk bidang-bidang tertentu yaitu tenaga kesehatan, pendidikan, dan ahli teknoologi hingga tenaga lembaga pemasyarakatan (lapas).

    Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi menyebutkan bahwa formasi PNS yang disosdorkan Kemeterian/Lembaga mencapai 150 ribu orang. Namun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanyaa bisa menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016. Hal itu karena ada berbgai alasan.

    Yuddy mengatakan bahwa PNS yang akan pensiun di tahun ini berjumlah 120 ribu orang. Sedangkan kebutuhan dari seluruh instansi kini mencapai angka 150 ribu orang. Tapiu maksimal yang disetujui oleh Kemenkeu penerimaan CPNS 81 ribu orang.

    Jadi kebutuhan tersebut tidak dipenuhi semua karena alasan moratorium, keterbatasan anggaran dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita.

    pns

    Yuddy telah memperinci pemerintah mengutamakan penerimaan CPNS untuk putra putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah sebesar 11 ribu orang. Lalu kebutuhan penerimaan CPNS pada bidang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan mencapai angka 43 ribu orang.

    Selanjutnya untuk penerimaan guru yang menyandang gelar Sarjana dan berada di pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3.000 orang. Pengangkatan guru honorer menjadi9 PNS di garis depan sebesr 2.000 orang. Kriterian yang ditetpkan untuk guru honorer yang akan menjadi PNS adalah memenuhi syarat administratif yang ada di Undang-Undang dan berada di pulau terkceil dan terluar.

    Sementara itu untuk sisanya sebanyak 22 ribu kursi penerimaan CPNS akan dibagi-bagikan untuk instansi atau bidang yang sangat membutuhkan seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Yuddy ,menyebutkan bahwa menteri Pertanian maran Sulaiman telah meminta 18 ribu orang dan Kementerian Hukum dan HAM telah meminta sebanyak 21 ribu orang.

    Sebesar 22 ribu jatah penerimaan CPNS tersebut termasuk kuota pelamar umum untuk semua bidang. Namun diprioritaskan untuk CPNS di bidang studi yang sejalan dengan program Citra Nawa seperti pengarian, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi dan ahli maritim.

    baca juga :

    Berita Terkini : Mulai Tahun Depan, 330 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Akan Dipecat Per Tahun !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here