Kuota Khusus di Seleksi CPNS 2017 di 61 Instansi!

    0
    1022
    CPNS (1)
    Copyright ©pojoksatu

    Kuota Khusus di Seleksi CPNS 2017 di 61 Instansi!

    Indowarta.com – Pemerintah sudah menerapkan adanya koata khusus dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 pada gelombang II di 61 instansi. Koata khusus yang dimaksudkan adalah kepada lulusan terbaik (cum laude), putra daerah dari Papua serta Papua Barat, dan penyandang desabilitas. Sehingga dengan ini jumlah total sekitar 8 ribu yang bakal diterima di 60 kementerian/lembaga dan satu lingkup provinsi dalam seleksi CPNS kali ini.

    BACA JUGA : Ketika SSCN BKN Go Id Tumbang, Ini Alternatifnya!

    Untuk formasi di kementerian/lembaga kepada pelamar yang menyandang predikat cum laude disediakan 1.850 posisi. Kepada penyandang desabilitas disiapkan sekitar 166 posisi, dan putra daerah dari Papua dan Papua Barata sebanyak 196 posisi.

    Terkait dengan kebijakan ini sudah diumumkan bersamaan dengan keluarga pengumuman seleksi CPNS gelombang II, setelah adanya seleksi pada lingkungan Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Agustus lalu.

    Humas Kementerian PAN-RB menyampaikan kalau secara spesifik sudah dibuka seleksi CPNS untuk menempati lowongan 17.928 posisi yang sudah tersebar di 61 instansi pemerintah. Sekarang ini lowongan tersebut berada di 60 kementerian/lembaga dan satu pemerintahan yang ada di Kalimantan Utara.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur  mengatakan, sekarang ini Kalimantan Utara merupakan provinsi pemekaran yang masih kurang pegawai.

    Pendaftaran CPNS
    Copyrigth ©Ist

    “Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, sebanyak 17.428,” kata Asman, Selasa (5/9).

    BACA JUGA: Cek Pengumuman Tes Seleksi CPNS 2017 Gelombang II di SSCN BKN Go Id!

    Jadwal proses seleksi CPNS untuk beberapa instansi terkait, kata Asman, masyarakat sudah dapat mengaksesnya di situs resmi masing-masing instansi. Dan semuanya sudah dapat diakses mulai 5 September 2017.

    Adanya seleksi CPNS mendatang, intansi yang diketahui paling banyak akan menerima tenaga kerja baru untuk menempati sejumlah posisi adalah Kementerian Keuangan. Kementerian yang sekarang ini dipimpin oleh Sri Mulyani ini akan membuka lowongan sebanyak 2.880 posisi.

    Sedangkan di posisi kedua yang paling banyak membuka lowongan dalam seleksi CPNS ini adalah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, kementerian ini telah membuka formasi sebanyak 1.610 posisi. Sedangkan Kementerian Agraria lalu disusul Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membuka formasi kepada CPNS sebanyak 1.500 posisi.

    BACA JUGA: Berbagai Hal yang Perlu Disiapkan Jika Lolos dalam Seleksi CPNS Kemekumham dan MA!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here