Cara Membersihkan Gigi Balita Secara Benar!

0
210
Gosok Gigi pada balita
Copyright ©Thinkstock

Cara Membersihkan Gigi Balita Secara Benar!

Indowarta.com – Banyak orang tua mengajarkan buah hatinya untuk membersihkan gigi dengan cara gosok gigi secara rutin. Hal ini memang sangat penting agar dapat menjaga gigi mereka sedini mungkin. Namun sayangnya masih banyak orang tua yang kurang pemahaman mengenai cara membersihkan gigi balita.

BACA JUGA : Konsumsi Makanan Berserat Untuk Mencegah Gigi Berlubang!

Lalau seperti apakah cara membersihkan gigi balita yang baik dan benar? Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc terlebih dahulu menjelaskan tentang usia yang tepat untuk membersihkan gigi pada balita.

“Membersihkan gigi pada anak lebih baik sedini mungkin. Biasanya, gigi pertama anak tumbuh saat berusia enam atau delapan bulan,” kata drg. Mirah saat acara briefing Bulan Kesehatan Gigi Nasional pada Selasa (5/9/2017) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Terkait dengan cara membersihkan gigi balita yang baik dan benar, drg. Mirah mengatakan, “Kalau anak yang masih bayi memang susah membersihkan pakai sikat gigi. Jadi yang dianjurkan adalah ibu membersihkan gigi bayi dengan jari tangan yang diselubungi dengan kassa yang dicelupkan ke air hangat. Selain itu, tidak hanya gigi balita yang dibersihkan, melainkan juga gusinya.”

Gosok Gigi Balita
Copyright ©kumpulanmisteri

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh orang tua terkait dengan cara membersihkan gigi balita dengan menggunakan pasta gigi dan sikat. Ketika sudah masuk umur dua tahun, maka balita sudah siap untuk membersihkan gigi mereka dengan menggunakan sikat gigi.

BACA JUGA : Diet Makanan yang Dapat Kurangi Kerusakan Gigi Berlubang!

“Anak berusia dua tahun sudah bisa meludah dan anak boleh menyikat gigi dengan pasta gigi,” jelas drg. Mirah. Walau dengan cara membersihkan gigi balita sudah dapat menggunakan sikat dan pasta gigi, namun drg. Mirah menyarankan untuk tidak menggunakan pasta gigi dengan syarat berikut.

“Pemakaian pasta gigi haruslah dengan pasta yang memiliki kadar fluoride yang lebih rendah dibandingkan pasta gigi orang dewasa. Cara menggunakan pasta gigi yaitu ambil pasta gigi sebesar padi kemudian dioleskan tipis sekali di permukaan bulu sikatnya,” sambungnya.

Dari hasil penelitian, kata drg. Mirah, pada saat anak menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, maka gigi berlubangnya akan terlihat sangat berbeda dengan seorang anak yang menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi tanpa kandungan fluoride.

BACA JUGA : Berbagai Keuntungan Gigi dan Mulut Saat Kamu Lakukan Fitsal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here