Kurangi Resiko Gigi Berlubang dengan Makanan Berserat Ini!

0
725
Copyright ©Cirebontrust.com

Kurangi Resiko Gigi Berlubang dengan Makanan Berserat Ini!

Indowarta.com – Ternyata tanpa kita ketahui mengonsumsi makan berserat selain membantu pencernaan dalam tubub kita, juga dapat menekankan terjadinya resiko gigi berlubang. Demikian yang telah disampaikan oleh Dokter Gigi Ratu Mirah Afifah.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Gigi Balita Secara Benar!

Dengan mengonsumsi makan berserat seperti sayur dan buah-buahan akan dapat mempengaruhi kelenjar ludah atau siliva yang berada pada rongga mulut untuk memproduksi lebih banyak ludah bersamaan dengan gerakan menguyah yang terjadi pada rahang kita. Sehingga dapat mencegah gigi berlubang.

“Makanan yang berserat merangsang kelenjar ludah diproduksi lebih banyak yang bisa menetralkan derajat keasaman dalam mulut dan mampu mencegah gigi berlubang,” kata Ratu saat konferensi pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017 di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Namun jika sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang memiliki tekstur lengket, dapat menurunkan kadar keasamaan yang terdapat dalam mulut kita. Kecilnya kadar keasaman pada rongga mulut yaitu dibawah pH kritis, maka bisa melarutkan lapisan email di gigi.

ilustrasi sakit gigi
Copyright ©Dakwatuna

Jika seseorang sering mengonsumsi makan manis yang bertekstur lengket, akan dapat mengakibatkan hilangnya mineral yang terdapat pada gigi, dengan kondisi seperti ini akan dapat menyebabkan gigi berlubang.

BACA JUGA : Konsumsi Makanan Berserat Untuk Mencegah Gigi Berlubang!

“Mengonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula, terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah konsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit, dan tetap rendah hingga satu jam,” jelas Ratu.

Menurutnya, kondisi ini akan lebih berbahaya jika terjadi pada anak-anak. Pasalnya gigi susu yang berada dirongga mulut mereka akan sangat cepat mengalami karies, sehingga akan dapat menyebabkan gigi berlubang hingga gigi keropos kedepannya.

Agar dapat membantu proses penetralan pada rongga mulut. Disarankan mengonsumsi makanan-makanan ringan dengan tujuan untuk merangsang produksi kelenjar ludah agar kembali normal dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

“Yang disarankan yang berserat karena makan buah sayur sangat merangsang kelenjar air ludah hingga derajat keasaman menjadi netral,” ucap Ratu.

BACA JUGA : Diet Makanan yang Dapat Kurangi Kerusakan Gigi Berlubang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here