Tak Hanya Kanker, Merokok Juga Bisa Memicu Kebutaan Lho!

0
926
Kanker Paru
Copyrigth©okezone

Tak Hanya Kanker, Merokok Juga Bisa Memicu Kebutaan Lho!

Indowarta.com– Tidak hanya menyebabkan kanker saja, merokok secara terus menerus ini nantinya juga akan bisa memicu seorang mengalam kebutaan. Hal ini telah diungkapkan oleh dokter dari the All India Institute of Medical Sciences.

baca juga : Buah Delima Efektif Hilangkan Jerawat?

Dikutip dari Boldsky pada hari Rabu 6 September 2017 ini beberapa penelitian ini telah menunjukkan bahwa para perokok ini memiliki resiko yang lebih tinggi terkena katarak apabila dibandingkan dnegan mereka yang tidak merokok.

Tidak hanya itu saja, merokok selama 5 ataupun 10 tahun ini tidak memiliki efek yang serius pada vena mata dan juga akan bisa menyebabkan hilangnya pengelihatan. Dr Atul Kumar, pimpinan Dr Rajendra Prasad Center for Ophthalmic Sciences (AIIMS) telah menyatakan bahwa merokok ini akan bisa menyebabkan kebutaan ireversibel.

WAJIB BACA :  Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu kanker Serviks

harga rokok

Dr Kumar mengatakan “Banyak orang tahu merokok dapat menyebabkan kanker, namun belum banyak yang sadar bahwa merokok menyebabkan kebutaan”. Lebih lanjut lagi Dr Kumar juga telah mengatakan bahwa dari banyak orang yang datang ke AIIMS dengan masalah penglihatan dan kehilangan penglihatan pada setiap tahun ini, sebanyak kurang lebih 5 persen kasus terkait dengan kebiasaan mereka merokok.

Selain itu Dr. Kumar pun juga telah menyebutkan bahwa survei kebutaan nasional di India yang tengah dilakukan ini yang berkerjasama dengan Union Health Ministry. Survei ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai orang tuna netra di India.

baca juga : Minum Kopi dan Dicampur dengan Air Kelapa, Khasiatnya Bikin Wanita Nagih!

Menurut Praveen Vashisht yagn bertanggung jawab atas Community Ophthalmology, pengumpulan data telah selesai di 19 kabupaten di 30 distrik yang dipilih untuk survei tersebut. nantinya survei ini diharapkan akan bisa diselesaikan pada bulan Juni tahun depan. Hasil survei yang dilakukan ini nantinya diharapkan akan bisa memberikan rasa sadar orang yang memiliki kebiasaan merokok.

WAJIB BACA :  Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu kanker Serviks

Kebiasaan buruk merokok ini nampaknya memanglah sulit di hilangkan dari masyarakat. Walaupun sebagian besar dari perokok sudah tahu mengenai akibat yang akan ditimbulkan oleh aktivitas merokok tersebut, tetap saja mereka tidak menghentikan kebiasaan mereka merokok.

baca juga : 

5 MitosTentang Rokok yang Tak Harus Kamu Percaya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here