Ini Dia Sosok Jenderal Myanmar yang Paling Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Etnis Rohingya!

1
922
Rohingya
Copyright©boombastis

Ini Dia Sosok Jenderal Myanmar yang Paling Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Etnis Rohingya!

Indowarta.com– Nyaris telunjuk seluruh dunia ini telah diarahkan oleh Aung San Suu Kyi pada saat telah terjadi kekerasa terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Selain itu desakan agar nobel perdamaian yang telah diterima oleh Suu Kyi ini pun dicabut juga terus menguat pada saat ini.

BACA JUGA : Geliat RI Bantu Krisis Rohingya yang Di Sorot Oleh Dunia!

Padahal ada satu nama yagn tidak bisa dilepaskan dari pelanggaran HAM di Myanmar. Orang tersebut adalah Jederal Senior Min Aung Hlaing yang merupakan panglima tertinggi seluruh angkatan bersenjata di Myanmar. Sementara itu Aung San Suu Kyi sendiri tidak memegang kendali atas pasukan. Semuanya ada di bawah Jenderal Min.

Myanmar sendiri tidak pernah sepi dari aneka pemberontakan bersenjata. Ada saja daerah yang ingin memerdekakan diri dari pemerintah Yangon dan Naypyidaw.

Rohingya
Copyright©kumpar

Junta militer tidak mengenal kompromi. Operasi militer ini adalah suatu jawaban yang wajib untuk suara ketidakpuasan. Tidak hanya gerilyawan saja yang telah dibunuh, warga sipil juga harus merasakan tindakan yang represif Tatmadaw yang merupakan sebutan bagi militer Myanmar. Mulai dari relokasi paksa, pembunuhan, pemerksaan dan juga kerja paksa di bawah militer.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

Telah diperkirakan bahwa sebanyak setengah juta warga sipil ini ikut merasakan dampak pada saat tentara Myanmar ini menumpas gerakan Nasionalis Karena di Kayin yang sudah terjadi pada tahun 2006 yang lalu.

Selain itu pasukan Myanmar ini juga telah berperang dengan Tentara Kemerdekaan Kachin dan juga perlawanan bersenjata di Kokang yang sudah terjadi pada tahun 2014 dan tahun 2015 yang lalu. Jendral Min Aung Hlaing ini telah meneruskan gaya kekerasan yang dilakukan oleh pemerintahana Junta Militer yang kini di Rohingya. Terdapat ratusan ribu orang telah mengungsi, wanita yang diperkosa sementara itu pembunuhan dan juga pembakaran masih terus terjadi.

Lalu, siapa sesungguhnya Jenderal Min tersebut? Jenderal Min terlahir dari keluarga kelas menengah keatas pada tahun 1056 di Savoy, wilayah Tanintharyi. Ayahnya seorang insinyur sipil yang berkerja di Kementerian Pekerjaan Umum Burma.

Dirinya masuk akademi militer Burma dan lulus dengan pangkat letnan dua pada tahun 1977. Konon selama berada di akademi militer, dirinya kurang disukai oleh teman-temannya karena sifatnya yang pendiam dan juga kurang ramah.

baca juga : 

Aung San Suu Kyi Kritisi Menyebarkan Foto Hoax Tragedi Rohingya!

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here