Aksi Bela Rohingya, Dari Salat Jumat, Shalat Gaib Sampai Orasi!

0
303
Aksi Bela Rohingya
Copyright©detik

Aksi Bela Rohingya, Dari Salat Jumat, Shalat Gaib Sampai Orasi!

Indowarta.com– Ribuan massa peserta Aksi Bela Rohingya ini telah memadati area Masjid An Nuur, Sawitan, Kabupaten Magelang. Rangkaian aksi ini telah diawali dengan sholat jumat pada siang ini.

BACA JUGA : Siapa itu Etnis Rohingnya dan Fakta Mengejutkan yang Musti Kamu Ketahui!

Kapasitas dari masjid sendiri yang sangat terbatas ini telah membuat massa yang tidak kebagian tempat melaksanakan sholat jumat di halaman. Bahkan banyak juga masa jemaah yang melaksanakan sholat jumat di jalan raya depan kompleks masjid.

Di dalam aksi bela Rohingya ini, mereka menggelar kertas koran, plastik, maupun banner dan juga spanduk yang tidak terpakai untuk digunakan sebagai alas mereka. Sholat Jumat ni telah diawali dengan khutbah yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang yakni Khudaifah.

Aksi Bela Rohingya
Copyright©detik

Di dalam sebuah khutbahnya, Khudaifah ini telah meminta agar aksi bisa dilakukan dengan cara damai. Salah satu wujud dari kepedulian umat muslim Rohingya bisa dilakukan dengan penggalangan dana dan juga menggelar doa bersama.

BACA JUGA : Ini Dia Sosok Jenderal Myanmar yang Paling Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Etnis Rohingya!

Setelah itu massa pun berkumpul di halaman masjid. Beberapa orang yang termasuk juga koordinator aksi yakni Anang Imammudin telah berdiri di tangga masuk masjid lalu melakukan orasi di hadapan massa yang sudah berkumpul tersebut.

Anang mengatakan “Mari kita tunjukkan kepada dunia, bahwa kita umat muslim Indonesia merupakan umat yang cinta damai. Mari tunjukkan kepedulian kita terhadap umat muslim Rohingya dengan menyisihkan sedikit rejeki kita melalui penggalangan dana untuk dikirim kepada mereka”.

Selain itu ada juga beberapa bendera yang telah dikibarkan selama berlangsungnya orasi di dalam aksi bela Rohingya ini. Sesekali teriakan takbir menggema dan juga diiringi oleh kepalan tangan massa yang sudah hadir. Setelah orasi dan juga penggalangan dana selesai dilakukan, para peserta aksi bela Rohingya ini pun telah membubarkan diri.

Di dalam aksi bela Rohingya ini, polisi telah memasang dua metal detector di pintu masuk menuju ke kompleks Masjid An Nuur. Seluruh peserta aksi bela Rohingya ini pun telah diperiksa satu per satu.

baca juga : 

Isu Etnis Rohingya Digunakan untuk Serang Pemerintah Jokowi, Begini Reaksi Politikus PDIP!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here