Berita Terkini: BMKG Sebut Tsunami di Meksiko Tak Ancam Indonesia!

0
490
Ilustrasi
Copyright ©Tempo

Berita Terkini: BMKG Sebut Tsunami di Meksiko Tak Ancam Indonesia!

Indowarta.com – Gelombang tsunami dengan ketinggian 0,75 meter telah menghantam pesisir Meksiko dan kawasan sekitarnya. Kejadian ini menyusul adanya gempa dengan kukuatan 8 magnitudo. Selain dipesisir Amerika, gelombang tertersebut akan mengitari di samudra pasifik.

BACA JUGA : BMKG: Gempa 6.4 SR di Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami!

Dari pernyataan yang sudah dikeluarkan oleh sistem peringatan tsunami Amerika Serikat, hampir semua wilayah yang berada di benua pasifik ini akan terkena dampak dari gelombang tersebut. Namun ketinggian gelombang ini akan bervariasi.

Dalam kejadian tsunami di Meksiko ini, daerah yang akan terkena dampak paling besar adalah teluk di wilayah tersebut. diperkirakan kalau gelombang yang akan menerjang kawasan itu mencapai ketinggian hampir tiga meter. Akan tetapi, berdasarkan laporan terbaru kalau gelombang hanya mencapai 0,75 meter.

gempa
Copyrigth©merdeka

Adanya bencana tsunami di Meksiko ini diperkirakan juga akan terjadi di beberapa wilayah lainnya, diantaranya Kepulauan Cook, Ekuador, Vanuatu, Wallis, dan Futuna, El Salvador, Fiji, Polinesia Prancis, Guatemala, Kiribati, Selandia Baru, Samoa, Tokelau, Tuvalu, American Samoa, Antartika.  Gelombang yang akan mencapai daerah tersebut diperkirakan mencapai 1-3 meter.

BACA JUGA : BMKG: Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga di Bogor Tak Berpotensi Tsunami!

Sedangkand untuk ketinggian gelombang yang mencapai 0,3 meter ini akan terjadi di beberapa daerah menyusul adanya tsunami di Meksiko, diantaranya Kepulauan Marshal, Pulau Midway, Jepang, Kepulauan Jarvis, Johnston Atol, Kepulauan Kermadec, Korsae, Malaysia, Nauru, Kaledonia Baru, Palau, Panama, Papua Nugini, Rusia, dan Vietnam, yang sekarang ini sudah mendapatkan peringatan.

Disisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak panik setelah adanya tsunami di Meksiko, karena gelombang tersebut diperkirakan tidak akan sampai ke wilayah Indonesia.

“Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa tsunami tidak berdampak bagi wilayah Indonesia,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dikutib dari kumparan.com, Jumat (8/9/10).

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terbawa dengan isu tak jelas setelah adanya kejadian tsunami di Meksiko tersebut. Namun hingga sekarang ini, BMKG terus melakukan pemantauan pada teluk di Meksiko.

BACA JUGA : Gempa 6.3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Jakarta dan Sekitarnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here