Berita Terkini: Gempa Bumi 6,3 SR Guncang Chile, Listrik Padam Tak Ada Korban Jiwa!!

0
893
Gempa

Berita Terkini: Gempa Bumi 6,3 SR Guncang Chile, Listrik Padam Tak Ada Korban Jiwa!!

Indowarta.com– Chile bagian tengah telah diguncang gempa Bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter. Akan tetapi hingga saat ini belum ada laporan Korban Cedera atau kerusakan bangunan. Menurut US Geological Survey, Gempa terjadi pukul 07.33 ini di kilometer 203 mil utara barat laut Santiago. Gempa tersebut memiliki kedalaman 3,5 Kilometer.

Kekuatan gempa dan kedalamannya tidak cukup kuat untuk peringatan adanya Tsunami. Chile sendiri terletak di samudera pasific yang bisa disebut Ring Of Fire atau daerah Seismik yang bergolak, dimana banyak sekali letusan gunung berapi dan gempa bumi terjadi.

Dalam hitungan beberapa tahun terakhir ini, negara Amerika selatan telah diguncang dengan tiga Gempa besar dengan Magnitude lebih besar dari delapan.

Namun chile juga tangguh, sebagian bear berkat bangunan yang berstandart yang kokoh. Negara ini telah belajar dari beberapa gempa 8,8 SR yang mematikan yang di ikuti Tsunami ganas dan menewaskan kurang lebih 500 orang pada tahun 2010 lalu.

Gempa terjadi pada Selasa Malam sekitar Pukul 9 Malam Waktu setempat. Otoritas darurat Chile menyebut, sejumlah rumah warga tidak mendapat aliran listrik usai gempa Bumi melanda.

Media lokal yang melaporkan bahwa Sempat terjadi Longsoran bebatuan ke beberapa ruas Jalan raya ketika gempa terjadi. Getaran gempa juga dirasakan hingga ke Wilayah Argentina yang berbatasan langsung dengan Chile.

Gempa Bumi
[email protected]

Pada September lalu juga terjadi gempa yang berkekuatan 8,3 skala Richter melanda wilayah Coquimbo dan menewaskan sejumlah orang serta memicu Tsunami Kecil.

Pada Mei 1960, gempa bumi terbesar yang pernah tercatat yakni dengan kekuatan 9,5 SR mengguncang Chile hingga memicu tsunami besar hingga ke wilayah Jepang.

Bahkan, Selandia baru yang jaraknya 6 ribu  Mill dari Pusat gempa juga kemungkinan harus Waspada dalam menyikapi hal itu.

Selandia Baru  telah mengeluarkan peringatan Tsunami arus pasang surut yang kuat dan gelombang besar diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah. Gempa Bumi Chile tersebut juga sedikit banyak memporak porandakan pusat perbelanjaan yang hingga kini masih puing puing.

baca juga : Gempa Bumi Goncangkan Selandia Baru 5,7 SR, Gempa Taiwan Makan Korban 7 Wni!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here