Gempa Bumi Terkuat di Meksiko Tewaskan Sedikitnya 27 Korban!

0
512
Gempa Meksiko
Copyright ©ABC News

Gempa Bumi Terkuat di Meksiko Tewaskan Sedikitnya 27 Korban!

Indowarta.com – Gempa bumi di Meksiko kali ini diyakini menjadi gempa yang terkuat di negara tersebut dalam kurun satu abad belakangan. Kejadian ini telah menggucang pantai selatan dan sudah memakan korban hingga puluhan orang.

BACA JUGA : Berita Terkini: BMKG Sebut Tsunami di Meksiko Tak Ancam Indonesia!

Presiden Enrique Peña Nieto mengungkapkan, bahwa gempa Meksiko dengan kekuatan mencapai 8,2 skala Richter berada di Samudera Pasifik, yang berada tepat di 87 km di lepas pantai Pajijiapan yang tidak jauh dari negara tersebut.

Menurut Nieto, akibat dari kejadian gempa Meksiko ini sudah menewaskan puluhan orang, dan sekitar 200 orang telah mengalami luka-luka. Berdasarkan Data Pusat Penanganan Bencana Nasional menyatakan, jumlah korban yang dinyatakan meninggal dunia mencapai 58 orang.

WAJIB BACA :  Pakar Geologi Sebut Tahun Depan Bakalan Banyak Terjadi Gempa Bumi!

Sampai sekarang ini, operasi pencarian serta penyelamatan dilakukan dengan skala besar, khususnya dilakukan di negara bagian Tabasco, Chiapas, dam Oaxaca. Di kawasan tersebut dikhawatirkan masih ada penduduk yang hilang dan terjebak dalam reruntuhan bangunan pasca gempa Meksiko.

Gempa yang memiliki kekuatan cukup besar yang terjadi pada Kamis (7/9/17) menuju tengah, telah dirasakan oleh 50 juta warga lebih di Meksiko. Sedangkan untuk jumlah korban jiwa kemungkinan masih dapat meningkat.

Ilustrasi Gempa
Copyright ©Tempo

“Ini merupakan gempa bumi besar dari skala dan kekuatannya, yang terkuat dalam 100 tahun terakhir,” ungkap Presiden Pena Nieto saat mengunjungi Pusat Penanganan Bencana Nasional.

BACA JUGA : BMKG: Gempa 6.4 SR di Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami!

Terkait dengan ini, Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan, tidak ada WNI yang menjadi korban dalam gempa Mesiko ini. Dari catatan Kedutaan Besar Indonesia di Meksiko, sekarang ini jumlah WNI yang berada di negara tersebut mencapai 289 orang, sedangkan 190 diantaranya tinggal di Mexico City.

WAJIB BACA :  Pakar Geologi Sebut Tahun Depan Bakalan Banyak Terjadi Gempa Bumi!

Korban jiwa atas kejadian gempa Meksiko ini terdiri 45 orang dari Negara Bagian Oaxaca, 10 orang dari Negara Bagian Chiapas, dan tiga orang lainnya dari Negara Bagian Tabasco, yang salah satunya adalah seorang banyi karena terputusnya aliran listrik hinga alat bantu pernafasan terhenti.

Untuk kota yang paling parah terkena dampak dari gempa Meksiko ini adalah Juchitan yang berada di Negara Bagian Oaxaca. Menurut kabar, sudah ada 17 orang yang menjadi korba jiwa di kota tersebut.

BACA JUGA : BMKG: Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga di Bogor Tak Berpotensi Tsunami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here