Pernyataan Lippo Soal Meikarta Tak Berizin!

0
347
Meikarta
Copyright©bisnis

Pernyataan Lippo Soal Meikarta Tak Berizin!

Indowarta.com – Kini proyek tebesar garpan Lippo Group, Meikarta tengah menjadi sorotan. Selain kemegahan proyek ini, sejumlah isu yang simpang siur beredar di masyarakat terkait akan berdirinya kota baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat tempat proyek ini dibangun.

Salah satu yang menjadi isu Meikarta yakni terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum dikantogi oleh PT Lippo Cikarang Tbk sebagai pengembangnya. Cukup diketahui jika IMB sendiri merupakan salah satu syarat utama pembangunan dan perizinan ini akan dikeluarkan jika hasil Analis mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sudah diterbitkan.

Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Direktur Informasi Publik , Danang Kemayan Jati. Dia mengakui jika studi Amdal belum terbit dan secara otomatis IMB belum dipegang oleh Lippo Groub. Namun menurutnya lahan proyek seluas 84,6 hektare dari total 500 hektar sudah dibebaskan sepenuhnya.

WAJIB BACA :  Sistem Jalan 4 Layer di Meikarta, Begini Konsepnya!

‘Kami sudah kirim dokumen Amdal pada Mei 2017. Sekitar 84,6 hektare sudah punya izin hingga Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT). Area itu sendiri digunakan untuk pembangunan sekolah rumah sakit serta apartemen’ ujarnya saat ditemui di Ombudsman, Jakarta pada Jumat, 8 September 2017.

Meikarta
Copyright©apdinews

Danang menambahkan jika saat ini proyek Meikarta tengah digarap oleh Lippo Groub beserta Amdal di kabupaten Bekasi. Saat ini menurunya kondisi masih normal dan Lippo sendiri diharuskan melengkapi sejumlah dokumen perizinan. Dia juga mengungkapkan jika Amdal di kawasan, Kabupaten Bekasi sudah ada.

Perusahaan Lippo sudah megantongi Amdal sejak tahun 1984 dan saat itu Amdal dikeluarkan untuk kawasan industri. Namun setelah ada perubahan Lippo pun mengikutinya dengan mengubah peruntukan dengan megajukan kembali studi Amdal.

WAJIB BACA :  Kereta Cepat Akan Memudahkan Transportasi di Meikarta!

Maka dari itu Danang menyebutkan jika Amdal untuk bangunan di atas lahan proyek Meikarta mulai dari apartemen hingga rumah sakit masih dalam proses. Studi Amdal sendiri memerlukan waktu cukup lama karena membutuhkan sidang rekomendasi dari sejumlah ahli dan biasanya memakan waktu 2 hingga 3 bulan.

Sementara itu dokumen Amdal untuk perizinan Meikarta sudah diajukan Lippo sejak bulan Mei 2017 lau. Lippo sendiri berasumsi akan selesai paling lama bulan Agustus 2017. Lippo pun melakukan soft launching Meikarta pada tangal 17 Agustus 2017 untuk mempertimbangkan proses tersebut.

baca juga : Meikarta Tawarkan Pendidikan Berkualitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here