Berita Terkini : MPR RI Belum Terima Surat Edaran 1 Juni Sebagai Hari Libur Nasional !

    0
    1150
    1 Juni hari libur nasional

    Berita Terkini : MPR RI Belum Terima Surat Edaran 1 Juni Sebagai Hari Libur Nasional !

    Indowarta.com– Pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla kabarnya akan menetapkan 1 Juni hari libur nasional. Namun hingga saat ini, Senin 30 Mei 2016 hal tersebut masih belum bisa dipastikan.

    Hal itu dikatakan oleh Sekjek MPR RI Ma’aruf Cahyono ketiika ditemui di Gedung Merdeka Bandung. Peringatan hari Pancasila akan digelar secara Nasional di Kota Bandung dan rencananya juga akan didatangi oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. MPR sebagai pelakasana kegiatan hingga saat ini masih belum menerima surat edaran 1 Juni hari libur nasional.

    Ma’aruf sendiri mengaku bahwa dirinya sudah mengetahui tentang isu 1 Juni hari libur nasional. Namun hingga saat ini pihaknya masih belum menerima surat edaran resmi bahw 1 Juni hari libur nasional. Walaupun demikian, rangkaian acara memperingati Hari Pancasila dan juga Pidato Bung Karno akan dilaksanakan pada hari ini sampai hari Rabu nanti.

    Ma’aruf menegaskan bahwa yang jelas tanggal 1 Juni itu merupakan peringatan Hari Pancasila dan Pidato Bung Karno akan dilaksanakan. Pada tanggal 1 Juni nanti akan ada parade, pidato presiden, napak tilas ke monumen Lapas Banceuy yang merupakan tempat presiden Soekarno pernah dipenjara.

    1-Juni-2016-Libur-Nasional-Sekjen-MPR-Belum-Ada-Edaran-Resmi-640x407

    Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa pemerintah masih belum memutuskan bahwa Hari Kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional. Dia mengaku bahwa masih belum mengetahui hal tersebut karena harus dirapatkan bersama menteri dan juga diputuskan melalui Keppres dan sejauh ini langkah tersebut masih belum ada.

    Ditemui secara terpisah, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa pemerintah pada saat ini telah menyiapkan rencana Peraturan Presiden mengenai 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional. Pramono Anung menyebutkan bahwa rancangan Perpres tersebut masih difinalisasi.

    Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini menggunakan momentum pidato Soekarno dalam sidang  “Dokuritsu Junbi Cosakai” atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada 1 Juni 1945.

    baca juga :

    Berita Terkini : Susunan Pengurus DPP Diumumkan, Nasib Golkar Dipertanyakan Dibawah Kepemimpinan Setya Novanto !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here