Novel Baswedan Bakalan Ditetapkan Sebagai Tersangka?

0
624
Novel Baswedan
Copyright ©idrus

Novel Baswedan Bakalan Ditetapkan Sebagai Tersangka?

Indowarta.com – Laporan Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Pol Aris Budiman atas Novel Baswedan sekarang ini sedang dalam penanganan Jajaran Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Polisi telah memberikan sinyal akan menetapkan penyidik senior KPK tersebut sebagai tersangka dalam kasus ini.

BACA JUGA : Wadi Tipikor Ikut Jejak Aris Budiman Polisikan Novel Baswedan, Begini Reaksi KPK!

Dalam laporan itu, Novel Baswedan diduga sudah melakukan pencemaran nama baik Aris Budiman. Diketahui sebelumnya, dalam tubuh KPK Aris merupakan atasan Novel.

“Enggak mungkin suatu kasus enggak ada tersangkanya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat di kantornya, Jakarta, Selasa (12/9/17).

WAJIB BACA :  KPK Bongkar Kode 'Undangan' dalam Kasus Korupsi Walikota Batu!

Meski begitu, Argo masih belum dapat memastikan kapan penetapan tersangka kepada Novel Baswedan dilakukan oleh pihak kepolisian. Tentunya untuk menetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik ini harus melalui beberapa tahap.

“Kita tunggu, kan ada tahapan-tahapannya,” ucap Argo.

Novel Baswedan
Copyright©tribunnews

Terkait dengan kasus ini, polisi sudah melakukan pemeriksaan kepada 12 saksi yang dimintai keterangan. Sejumlah saksi yang telah diperiksa oleh penyidik adalah mereka yang sudah mendapatkan email yang dikirimkan oleh Novel Baswedan.

BACA JUGA : Usai Aris Budiman, Kini Wadir Tipikor Laporkan Novel Baswedan Ke Bareskrim!

“Sekitar 12 saksi kami periksa. Ada pegawai KPK, ada saksi pelapor, mantan pegawai KPK juga ada,” tutur Argo.

WAJIB BACA :  Pihak Dokter Beri Lampu Hijau Untuk KPK Periksa Novanto!

Sebelumnya, Novel Baswedan telah dilaporkan Aris Budiman atas dugaan pencemaran nama baik. Laporan itu telah diterima pihak kepolisian dengan nomor LP/3937/VIII/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 21 Agustus 2017.

Pada hari itu juga, polisi langsung mengangkat perkara itu ke tahap penyelidikan. Laporan yang dilakukan Aris Budiman ini terkait dengan isi e-mail yang dikirimkan oleh Novel Baswedan kepada beberapa pihak.

Oleh karena itu, Aris menganggap kalau Novel Baswedan yangs sekarang menjabat sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK sudah melakukan pencemaran nama baiknya melalui tulisan email yang diterima beberapa pegawai KPK lainnya.

Dalam kasus ini, penyidik senior KPK itu dianggap sudah melanggar  Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE, dan Pasal 310 KUHP dan atau 311 KUHP. Walau sudah ditingkatkan dalam tahap penyidikan, namun dia masih berstatus sebagai tersangka.

BACA JUGA : Ini Alasan Aris Budiman Laporkan Tempo dan Kompas TV ke Polisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here