Berita Terkini : Muhammadiyah Sudah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 6 Juni, MUI Kapan ?

    0
    4846
    Ramadhan

    Berita Terkini : Muhammadiyah Sudah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 6 Juni, MUI Kapan ?

    Indowarta.com– Berdasarkan dari hasil hisab hakik wujudul yang dilakukan, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa bulan Ramadhan 1437 Hijriah akan jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016 masehi. Sedangkan untuk 1 syawal akan jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016 masehi. Untuk 1 Zulhijah akan jatuh pada tanggal 3 September 2016 Masehi.

    Ketetapan tersebut telah disampaikan secara langsung oleh Ketua PP Muhammdiyah Haedar Nashir di Kantor PP Muhammdiyah, Yogyakarta. Haedar berharap pada bulan Ramadhan ini masyarkat bisa meningkatkan nilai keIslaman mereka. Ramadhan merupakan momentum untuk meningkatkan diri dalam beribadah dan juga berhubungan sosial kepada masyarakat sekitar.

    Oman Faturrahman yang merupakan Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menyebutkan bahwa Ijtimak menjelang Ramadhan 1437 H ini terjadi pada Ahad Legi, 5 Juni 2016 Masehi pukul 10:01:51 WIB.

    Ramadhan

    6 Juni 2016 ditetapkan sebagai bulan Ramadhan karena Tinggi bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta dan di seluruh Indonesia pada saat terbenam matahari itu bulan berada di atas ufuk.

    Ijtimak jelang Syawal 1437 H terjadi pada hari Senin 4 Juli 2016 pada pukul 18:03:20 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta dan juga seluruh wilayah Indonesia berada di ufuk sehingga ditetapkan sebagai 1 syawal jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016.

    Sedangkan ijtimak bulan Zulhijah terjadi pada hari Kamis 1 September 2016 pukul 16:05:40 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta dan juga seluruh wilayah Indonesia berada di ufuk sehingga ditetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 3 September 2016.

    Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas menyebutkan bahwa kemungkinan awal puaasa dan 1 syawal di Indonesia akan jatuh bersamaan. Pada penetapan bulan Ramadhan 1436 H tidak ada perbedaan antara pemerintah dengan ormas-ormas Islam lainnya. Keputusan awal Ramadhan tersebut diambil setelah Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama sepakat bahwa ijtima menjelang bulan Ramadha terjadi pada hari Selasa 16 Juni 2015.

    Sedangkan pemerintah sendiri akan menggelar sidang Isbat pada hari Minggu 5 Juni 2016 nanti. Sidang ini yang akan menentukan kapan dimulainya ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini.

    baca juga :

    Berita Terkini : Jokowi Tetapkan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila, Hari Libur Nasional Kemungkinan Mulai Tahun Depan !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here