Diperkirakan Sudah Punah, Harimau Jawa Nampak di Ujung Kulon!

0
343
harimau Jawa
Copyright©beritadaerah

Diperkirakan Sudah Punah, Harimau Jawa Nampak di Ujung Kulon!

Indowarta.com – Kali ini kabar bagus datang dari salah satu taman nasional di Indoensia yakni tepatnya Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berada di Pulau Sumatera. Harimau Jawa yang sebelumnya dinyatakan punah terlihat muncul di kamera tengah memangsa seekor banteng.

Dengan ini pun seakan menampik anggapan jika harimau yang berasal dari Pulau Jawa yang sudah dinyatakan punah. Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TKUN) menemukan indikasi masih hidupnya harimau Jawa yang telah dinyatakan punah puluhan tahun lalu.

Baca Juga : Tak Disangka, Vietnam Kalah dari Myanmar, Timnas U19 Indonesia Hadapi Thailand di Semifinal!

Sebelum dinyatakan punah Semenanjung Ujung Kulon memang menjadi salah satu habitat hewan dengan nama latin panthera tigris sondaice ini. Mengenai penemuan indikasi kehidupan kucing besar yang telah dinyatakan punah ini pun juga ditanggapi oleh Kepala Balai TNUK, Rahmat.

Dia mengatakan indikasi harimau Jawa belum punah atau masih hidup ditemukan pada saat pegawai melakukan inventarisasi banteng di padang Pengembalaan Cidaon pada Jumat, 25 Agustus 2017 lalu. Pada saat itu para pegawai TNUK tak segaja melihat kucing besar sedang memangsa bangkai banteng.

harimau Jawa
Copyright©kumparan

Pegawai pun menyimpulkan jika dari perawakan kucing besar itu lain dari yang biasa mereka temui. ‘Pada saat itu kawan-kawan melihat binatang kucing besar tengah memakan bangkai banteng. Tapi setelah diamati kucing besar itu mempunyai loreng yang berbeda dengan macan tutul yang biasa dijumpai oleh mereka di Ujung Kulon. Akhirnya diduga foto tersebut macan tutul jawa atau kucing besar lain semisal harimau Jawa’ ujarnya saat ditemui di Pandeglang, Banten pada Rabu, 13 September 2017.

Rahmat menambahkan jika kucing besar dari Jawa ini dinyatakan punah sebelumnya oleh Lembaga Ilmu Penegtahuan Indonesia (LIPI). Namun dengan penemuan ini dirinya mengharapkan hariamu jenis ini belum punah dan masih ada di Taman Nasional Ujung Kulon hingga saat ini.

‘Dulu memang habitatnya harimau Jawa di Ujung Kulon, Tapi karena hilang tak pernah muncul dinyatakan punah oleh LIPI. Dengan foto tersebut kami berharap mudah-mudahan harimau jenis ini masih ada’ tutupnya.

Baca Juga : Bersua Thailand, Ini Jadwal Semifinal Piala AFF Timnas U19!

Sementara itu harimau Jawa merupakan salah satu karnivora terbesar di Jawa sekaigus menjadi hewan endemik asli pulau Jawa. Meskipun ada indikasi masih adanya kucing besar ini di Ujung Kulon, pihak terkait harus memastikan terlebih dahulu apakah hewan yang tertangkap kamera itu benar harimau Jawa atau macan tutul yang mengalami kelainan genetik atau bahkan bisa jenis kucing lain.

baca juga : Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan, Awas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here