Waspada Virus H7N9, Penyebab Flu Burung di Tiongkok!

0
202
Virus H7N9
Copyright©republika

Waspada Virus H7N9, Penyebab Flu Burung di Tiongkok!

Indowarta.com– Di Indonesia, kasus flu burung ini disebabkan oleh virus H5N1 semenjak tahun 2013 yang lalu telah dilaporkan sebanyak 199 kasus flu burung dengan tingkat kematian hingga 167 kasus. Pada saat ni jenis flu burung lainnya juga harus diwaspadai oleh masyarakat Indonesia yakni virus H7N9.

BACA JUGA : Kondisi Perempuan yang Rawan Kena Serangan Kanker Payudara!

Dikutp dari laman WHO pada hari Kamis 14 September 2017, Avian Influenza A atau H7N9 ini merupakan subtipe dari virus influenza yang telah terdetaksi pada burung. Virus H7N9 ini sebelumnya tidak pernah terlihat pada hewan ataupun manusia hingga ditemukan pada bulan Maret 2013 di China.

Sejak saat itu, kasus flu burung yang telah menular ke manusia ini menjadi salah satu perhatian karena kebanyakan para pasien terserang virus tersebut. sebagain besar kasus infeksi manusia akibat dari virus H7N9 ini telah ditularkan oleh unggas.

Virus H7N9
Copyright©chinasmack

Virus ini akan memiliki gejala yang sama dengan virus H5N1 yakni dengan dimulainya demam yang sangat tinggi dan jgua pneumonia yang berat. Namun masih belum ditemukan adanya kemungkinan penyebaran dari manusia ke manusia yang lainnya melainkan hanyalah ditularkan melalui unggah ataupun masuk ke dalam kategori penyakit zoonotik.

BACA JUGA : Awas, 8 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kanker Loh!

Tidak hanya itu saja, infeksi ini juga ditularkan melalui lingkungan yang memiliki potensi terkontaminasi, terutama pasar tempat penjualan unggas hidup. Walaupun virus H7N9 ini masih belum masuk ke Indonesia, namun jalur terbang unggas dari China yang melintas di Indonesia ini akan bisa saja menimbulkan resiko masuknya virus H7N9 ke Indonesia.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagia anda untuk bisa membekali diri dengan pemahaman yang sangat mendalam mengenai virus flu burung dan juga segera melakukan pelaporan apabila memang anda telah berhasil menemukan unggas mati mendadak agar kasus flu burung ini nantinya akan bisa terdeteksi sejak dini dan juga agar bisa mencegah meluasknya virus tersebut.

Antisipasi virus flu burung ini memanglah diperlukan oleh masyarakat. Tidak hanya merugikan para peternak unggas saja, tentu saja ini akan juga merugikan lingkungan sekitar.

baca juga : 

Waspada Kanker Serviks Bisa Menyerang Anak!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here