Fakta Baru yang Ditemukan di RS Mitra Keluarga Soal Bayi Debora!

0
264
RS Mitra Keluarga
Copyright ©megapolitan

Fakta Baru yang Ditemukan di RS Mitra Keluarga Soal Bayi Debora!

Indowarta.com – Fakta baru mengenai RS Mitra Keluarga tempat dirawatnya bayi Debora yang meningal karena tak mendapat penanganan medis kini kembali meyeruak. Kepala Dinas Kesehatan (Dikses) DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengungkapakan fakta baru mengenai rumah sakit yang berada di kawasan Jakarta Barat tersebut.

Koesmadi mengungkapakan jika fakta baru itu didapatanya setelah dirinya mendatangi langsung RS Mitra Keluarga Kalideres pada Selasa, 12 September 2017 kemarin. Dia menyamapikan fakta baru itu ialah pihak rumah sakit pernah menagih uang ke BPJS Kesehatan guna membantu pasien gawat darurat meskipun belum bekerja sama.

Namun dengan menagih uang ke BPJS Kesehatan untuk pasien gawat darurat justru tak dilakukan pihak rumah sakit ketika mendapati pasien bayi Debora. Cukup diketahui jika bayi tersebut saat itu memerlukan penanganan gawat darurat, namun karena pihak rumah sakit mengutamakan biaya dan jaminan kesehatan yang dimiliki orang tua akhirnya bayi tersebut meninggal dunia karena tak segera mendapatkan pertolongan.

‘Kami temukan selembaran yang membuktikan jika meskipun belum bekerjsama dengan BPJS, rumah sakit ini sudah beberapa kali menagih uang ke BPJS . Lalu kenapa pasien seorang bayi (bayi Debora) tak diberlakukan semacam itu?’ ujarnya saat ditemui di Balai Kokat Jakarta pada Rabu, 13 September 2017.

RS Mitra Keluarga
Copyright ©liputan6

Koesmadi pun menambahkan jika RS Mitra Keluarga pernah menagih dana ke BPJS untuk pasien gawat darurat dan itu menunjukan jika pihak rumah sakit tau jika biaya penanagan medis pasein BPJS darurat akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan meskipun rumah sakit belum bermitra. Menurutnya pihak RS Mitra Keluarga bisa memindahkan bayi Debora ke ruang PICU terlebih dahulu sebelum mencari rumah sakit rujukan yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Sementara itu cukup diketahui jia seorang bayi bernama Tiara Debora Simanjorang meninggal dunia pada Minggu, 3 September 2017 sebelum dimasukkan ke ruang PICU Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Sampai saat ini penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus kematian bayi Debora ini. Polisi masih mencari unsur pidana dan rumah sakit bisa terancam terkena pasal 190 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan jika terbukti bersalah.

baca juga : Karena Kasus Bayi Debora, Rumah Sakit Akan Dikenai Sanksi Sosial!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here